Hal Penting Saat Memilih Asuransi Jiwa Term Life

Diposting oleh xexe on Kamis, 28 Mei 2015

Asuransi jiwa berjangka atau term life insurance merupakan salah satu jenis produk asuransi yang bisa dipilih untuk melindungi diri Anda. Sesuai dengan namanya, produksi asuransi ini memberikan perlindungan kematian pada pesertanya dalam jangka waktu tertentu yang telah disepakati sebelumnya. Perusahaan asuransi akan memberikan uang pertanggungan bila peserta asuransi atau tertanggung meninggala dunia pada masa kontrak tersebut.

asuransi jiwa
Besaran premi untuk asuransi term life ini biasanya lebih kecil dibandingkan dengan produk asuransi jiwa lainnya seperti asuransi whole life namun dengan nilai pertanggungan yang besar. Ini dikarenakan premi tersebut akan hangus di akhir kontrak bila tertanggung masih hidup. Besaran premi ini biasanya akan tetap selama kontrak berlangsung. Namun bila peserta ingin menambah masa kontrak, maka besaran premi akan naik.

Nah, bila Anda berencana untuk memilih asuransi jiwa term life ini sebagai perlindungan bagi Anda dan keluarga, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan, di antaranya:

Lama kontrak asuransi

Seperti telah disebutkan di atas, lamanya jangka waktu kontrak asuransi ini berkisar antara 5. 10, 15, bahkan hingga 20 tahun. Anda bisa memilih lamanya kontrak asuransi disesuaikan dengan tujuan Anda membeli asuransi jiwa ini. Bila Anda tujuan Anda adalah untuk memastikan bahwa kredit rumah Anda selesai meskipun Anda telah meninggal dunia atau untuk memastikan pendidikan anak Anda terjamin hingga ke perguruan tinggi, maka Anda bisa memilih asuransi term life dengan jangka waktu yang lebih panjang. Sementara bila Anda hanya ingin berjaga-jaga setelah mengambil kredit mobil, maka bisa memilih lama kontrak terpendek.

Menentukan manfaat asuransi

Menentukan penerima manfaat sama pentingnya dengan memilih lamanya kontrak asuransi. Jangan sampai Anda salah memilih penerima manfaat asuransi, misalnya saja menetapkan anak Anda yang masih di bawah umur sebagai penerima asuransi, atau tidak menetapkan penerima asuransi cadangan. Ingat untuk selalu melakukan update terhadap daftar penerima asuransi ini terutama bila terjadi perubahan pada kehidupan Anda, seperti pernikahan, perceraian, kelahiran, dan kematian.

Rider

Rider merupakan manfaat tambahan yang bisa Anda dapatkan sesuai dengan perjanjian di awal asuransi. Beberapa rider menguntungkan yang bisa Anda pilih misalnya saja manfaat tambahan untuk kematian atau catat yang diakibatkan oleh kecelakaan serta manfaat tambahan berupa “return of premium” yang akan mengembalikan premi yang sudah Anda bayarkan selama masa asuransi meski Anda tidak meninggal. (raw)

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar