Mengenal Jenis Pipa Air dan Fungsinya. Pilih Sesuai Kebutuhan!

Diposting oleh shinobi apuy on Minggu, 26 April 2020

Pipa air adalah salah satu material dan bagian dari salah bahan bangunan yang perlu diperhitungkan salah satunya saat membangun rumah. Beragamnya jenis pipa air yang ada dipasaran tentu membuat kita bingung untuk menggunakan jenis pipa yang tepat. Nah, kami akan membantu kamu untuk menentukan jenis pipa air yang tepat digunakan untuk kebutuhan kamu berdasarkan fungsinya. Berikut ini adalah jenis pipa air dan fungsinya.

Mengenal Jenis Pipa Air dan Fungsinya. Pilih Sesuai Kebutuhan!
Gambar: Freepik/welcomania

1. Pipa Air PVC


Pipa air PVC adalah jenis yang banyak digunakan untuk mengalirkan air bersih, bekas, drainase, atau aliran air hujan. Pipa jenis ini adalah yang paling banyak digunakan untuk kebutuhan pengaliran air dalam rumah tangga. 

2. Pipa Air Tembaga


Pipa Air tembaga berfungsi untuk proses instalansi refrigant. Pipa ini aman digunakan untuk mengalirkan yang sifatnya panas dan dingin. Jua dapat diaplikasikan didalam tanah dan diluar, pengaplikasian didalam tanah disarankan menggunakan pengaman untuk menghindar korosi atau karat.

Saluran Pipa Air
Gambar: Freepik/anake


3. Pipa D 


Penggunaan pipa D dapat diaplikasikan untuk kebutuhan aliran air pada westafel, kitchen sink, closet, dan lainnya. Pipa D aplikatif untuk aliran air yang tidak bertekanan tinggi.

4. Pipa Air Galvanis


Pipa air galvanis berfungsi untuk mengalirkan air yang banyak digunakan untuk mengalirkan. Bahan pipa galvanis umumnya terbuat dari material besi sehingga mempunyai ketahanan. Pipa ini juga aman digunakan baik didalam tanah maupun diluar. Namun, proses pemasangan pipa galvanis cukup rumit jika dibandingkan pipa lainnya.

5. PEX


Pipa PEX berfungsi untuk mengalirkan air yang sifatnya hidrolik dan tahan terhadap suhu panas maupun dingin. Umumnya digunakan untuk instalasi air panas dan air dingin pada kebutuhan rumah tangga non konsumsi.

6. PP-R

Pipa jenis PP-R berfungsi untuk mengalirkan air kebutuhan sanitasi. Keunggulan pipa ini adalah memiliki ketahanan terhadapa goncangan seperti gempa, juga bersifat lentu dan ringan.

7. HDPE


Pipa HDPE adalah jenis pipa yang baik digunakan untuk mengalirkan air yang digunakan untuk kebutuhan konsumsi rumah tangga. Material pembuat pipa ini aman dan tidak mengandung zat yang berbahaya untuk tubuh.

8. AW

Pipa AW adalah jenis pipa PVC yang khusus digunakan untuk menyebarkan air pada unit-unit tertentu. Pipa jenis ini biasnaya digunakan untuk menyalurkan air dalam bangunan yang besar. Pipa jenis ini tahan pada tekanan air maksimum 10 kg/cm persegi.

Sudah tahu kan, jenis-jenis pipa air beserta fungsinya! Pilihlah sesuai kebutuhan Anda!

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar