Yuk Membaca Buku Lebih Banyak ditengah Kesibukan

Diposkan oleh Heni Minata on Senin, 20 Juni 2016

baca buku
Membaca buku sambil ditemani dengan lagu-lagu yang diiringi oleh gitar akustik memang paling pas dilakukan saat waktu luang. Namun, bagi kamu yang tidak memiliki banyak waktu luang biasanya kebingungan mencari waktu yang pas untuk membaca buku. Boleh saja kamu fokus dengan pekerjaan atau aktivitas sehari-hari, tapi jangan sampai kamu menjadikan kesibukan sebagai alasan untuk tidak membaca buku ya! Membaca buku itu penting dan sebenarnya banyak cara untuk mencuri waktu untuk membaca buku di sela-sela kesibukanmu seperti berikut.

Ciptakan Motivasi Membaca

Kalau kamu sedang malas untuk membaca buku, ingat-ingat saja berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan dari membaca agar kamu dapat termotivasi. Setiap orang memilki motivasi membaca buku yang berbeda-beda, ada orang yang membaca karena tuntutan pekerjaan, untuk memperluas pengetahuan, ataupun untuk entertainment. Dengan adanya motivasi, maka semangat untuk membaca bukupun akan meningkat.

Pilih Buku yang Kamu Minati

Setelah kamu memiliki motivasi untuk membaca, pilihlah buku yang menarik minatmu. Jangan sampai kamu jenuh membaca buku yang tidak kamu suka. Misalnya kamu lebih suka membaca topik yang ringan seperti teenlit dan sebagainya, jangan membeli buku tentang politik atau sejarah yang terlalu berat dan akan membuat kamu bosan. Membaca buku yang kamu minati pasti akan lebih cepat ketimbang membaca buku yang tidak kamu suka.

Manfaatkan Waktu di Perjalanan

Jangan sia-siakan waktu yang kamu punya saat sedang dalam perjalanan. Misalnya kamu sedang berpergian menggunakan transportasi umum dan tidak sedang menyetir, gunakanlah waktu tersebut untuk membaca buku yang telah kamu beli.

Tentukan Deadline

baca sebelum tidur
Kalau kamu ingin menghabiskan buku dengan cepat, buatlah deadline. Tentukanlah waktu tenggat kapan buku tersebut harus habis. Misalnya kamu membeli buku pada tanggal 1 April, buatlah target supaya tanggal 1 Mei buku tersebut sudah selesai dibaca.

Baca 5 Halaman Setiap Mau Tidur

Sesibuk apapun harimu, sempatkanlah untuk membaca paling tidak 5 halaman setiap mau tidur. Jika setiap hari kamu membaca 5 halaman, dalam waktu sebulan kamu sudah bisa menghabiskan buku setebal 150 halaman.
Semoga membantu! (Rima)
Lanjut Yuk Membaca Buku Lebih Banyak ditengah Kesibukan

Agar Pernikahan Berjalan Lancar

Diposkan oleh Heni Minata on Selasa, 14 Juni 2016

Mempersiapkan pernikahan memang sedikit merepotkan sekaligus menyenangkan. Sibuk mencari vendor, pilih-pilih gedung pernikahan, sampai mencari jual beli rumah Jakarta untuk menjadi tempat tinggal pasca menikah pun harus dilakukan. Namun demikian, saking banyaknya persiapan yang harus dilakukan, tak jarang banyak hal yang terlewat dan akhirnya menghambat proses pernikahan. Nah, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yuk lakukan hal-hal di bawah ini!
kue pernikahan
Kue Pernikahan

Buat to do list tentang hal-hal yang perlu dipersiapkan. Beberapa bulan sebelum hari pernikahan, sebaiknya Anda mulai menuliskan timeline yang harus dilakukan setiap bulannya. Hal ini penting karena Anda akan terbiasa membagi waktu dan bisa melakukannya dengan santai serta tanpa beban. Tidak ada lagi yang namanya panik karena melupakan sesuatu sebab segala sesuatunya sudah dipersiapkan beberapa bulan sebelum hari pernikahan.

Berbagi tugas dengan pasangan. Jangan egois dan melakukannya semuanya seorang diri. It’s okay to ask your partner for some help. Lagipula, ini hari pernikahan Anda berdua. Jadi, lakukan persiapannya berdua agar salah satu pihak tidak merasa stress. Misalnya, jika Anda sudah mengatur masalah katering dan makeup, maka pasangan Anda dapat ikut membantu menentukan dekorasi atau memilih lagu untuk wedding playlist Anda. Bagi tugas, agar Anda tidak rempong. Psst, mempersiapkan pernikahan berdua juga bisa meningkatkan bonding antara Anda dengan pasangan, lho.
pilih gaun pengantin
Pilih Gaun Pegantin

Jangan menentukan pilihan gaun pernikahan secara instan. Bukan menjadi rahasia umum jika para perempuan sering merasa tersentuh ketika mencoba gaun pernikahan dan langsung memutuskannya pada saat itu juga. Saran kami, jangan. Cobalah gaun sebanyak mungkin, pandanglah diri Anda pada gaun itu, telitilah potongannya, dan pilihlah satu gaun paling sempurna yang mampu membalut tubuh Anda hingga terlihat cantik.

Sama seperti halnya masalah gaun pernikahan di atas, tata rias di hari pernikahan juga demikian. Jangan pernah menyewa make up artist tanpa pernah mencoba jasanya. Anda mungkin terpukau dengan hasil riasan mereka pada orang lain, tapi tidak semua make up artist mengerti apa yang Anda mau. Jadi, lakukanlah percobaan make up dan juga tata rambutnya, putuskan jika Anda benar-benar merasa pas. Jika merasa ada yang kurang, pertimbangkan untuk mencari make up artist lainnya. Hal ini mungkin terdengar berlebihan, tapi hari pernikahan adalah hari yang akan Anda kenang seumur hidup dan tentunya Anda pun ingin terlihat cantik pada hari itu.

Nah, semoga tips di atas bisa membantu Anda mempersiapkan pernikahan. Happy wedding! (TR)
Lanjut Agar Pernikahan Berjalan Lancar

Ada Cermin yang Bisa Memotret!

Diposkan oleh Heni Minata on Senin, 23 Mei 2016

cermin selfie
Pengumuman! Ada kabar baik nih untuk kalian yang suka selfie. Bagi para perempuan, selfie kayaknya sudah menjadi bagian dari keseharian kita nggak, sih? Apalagi jika wajah kita sedang terlihat cantik berkat produk perawatan kulit wajah terbaik! Nah, tahukah kamu kalau sekarang ada teknologi yang bernama S.E.L.F.I.E (Self Enhacing Live Feed Image Engine) Mirror? Dengan teknologi ini, kamu nggak perlu capek-capek mengulurkan lengan lagi demi berfoto selfie. Hasil selfie-nya pun akan terlihat lebih maksimal!

Kalian tentu pernah ngerasain dong gimana pegalnya mengulurkan lengan demi mendapatkan hasil selfie yang bagus? Jangan khawatir, kehadiran teknologi yang satu ini pasti bikin kamu kegirangan. Ya, sebuah perusahaan yang bernama iStrategyLabs sedang mengembangkan teknologi yang bernama S.E.L.F.I.E Mirror. Teknologi berbentuk kaca ini memang sengaja dibuat untuk memudahkan kalian yang senang berfoto selfie.
bentuk cermin selfie

Dari luar, S.E.L.F.I.E Mirror terlihat seperti kaca biasa seperti yang sering kita temui di toko atau pusat perbelanjaan. Akan tetapi, jangan salah, Sobat Flipp. Ketika kaca ini dibuka, kalian akan menemukan kamera, Mac Mini dengan software pendeteksi wajah, dan Arduino-controlled LED countdown timer. Rumit? Sama sekali, tidak!

Jadi, gimana caranya untuk berfoto selfie dengan teknologi ini? Hoho, mudah sekali, loh! Kalian tinggal berdiri tepat di atas titik yang sudah disediakan di lantai (sekitar beberapa langkah dari kaca) dan senyum. Selanjutnya, software pendeteksi wajah yang berada di dalam S.E.L.F.I.E Mirror akan memproses wajah kalian dan voila! Foto selfie kalian akan otomatis terunggah di sosial media. Serunya lagi, kalian bisa berfoto selfie bersama teman-teman tanpa perlu bingung siapa yang harus memegang kamera. Asik, kan?
isi cermin sefie

Meskipun sudah ramai menjadi bahan perbincangan, iStrategyLabs selaku pengembang teknologi ini masih belum bisa memastikan kapan S.E.L.F.I.E Mirror akan diproduksi secara massal dan dijual di pasaran. Padahal, rasanya akan seru sekali ya, jika kaca ini berada di berbagai tempat. Kita tidak perlu kesulitan untuk berfoto selfie bersama teman-teman.

Oh ya, kalian tahu tidak kalau kemunculan teknologi ini justru menghadirkan pertanyaan yang menarik? Konon, sebuah foto disebut selfie jika yang memotret adalah dirinya sendiri. Nah, jika yang memotret adalah S.E.L.F.I.E Mirror, masihkah foto tersebut disebut selfie? Hehehe, bagaimana menurut kalian?
Lanjut Ada Cermin yang Bisa Memotret!

Tips Merawat Earphone

Diposkan oleh Heni Minata on Senin, 16 Mei 2016

Mendengarkan musik melalui earphone merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh masyarakat ibukota untuk mengisi waktu mereka. Mulai dari ketika di perjalanan, saat menunggu sesuatu, ketika membaca, atau bahkan ketika bekerja. Apalagi jika kamu berkantor di office tower mega kuningan.

Jalanan yang padat dan macet membuat kamu memilih untuk tidur sambil mendengarkan musik dan menunggu jalanan lancar. Terlalu sering mendengarkan musik melalui earphone membuat kabel earphone kamu cepat rusak tanpa kamu sadari. Berikut ini adalah tips untuk merawat earphone supaya earphone kamu lebih tahan lama.
earphone
  1. Pilih earphone yang ujung colokannya letter L. Kalau kalian sudah beberapa kali menggunakan earphone beraneka merk, pastinya sudah menyadari bahwa setiap earphone memiliki perbedaan di bagian ujungnya. Ada yang memiliki ujung letter L dan ada juga yang memiliki ujung lurus. Sebisa mungkin, pilihlah ujung colokan yang letter L karena umumnya earphone ini akan lebih awet. Ujung colokan yang letter L cenderung tidak mudah tertarik saat digunakan.
  2. Selalu gulung dan simpan kabel earphone dengan benar. Coba ingat-ingat, seringnya setelah dipakai kita langsung menarik kabel earphone dan memasukannya ke dalam tas sampai kabelnya saling lilit satu sama lain. Padahal, kondisi ini tidak bagus untuk keberlangsungan earphone kita dan membuat umur earphone semakin pendek. Jadi, setelah dipakai, usahakan untuk selalu menggulungnya dan simpan kabelnya dengan benar, ya.
  3. Jangan menggunakan earphone terlalu lama. Meskipun menggunakan earphone memang menyenangkan, tetapi ada jangka waktu tersendiri yang ditetapkan sebagai batas maksimal penggunaannya. Para ahli menyebutkan bahwa kita hanya boleh menggunakan earphone selama satu jam nonstop saja dengan volume yang disetel setengahnya. Jika melebihi itu, maka gendang telinga kita bisa rusak dan bagian earphone-nya juga mudah rusak.
  4. Rajin-rajin membersihkan bagian kepala earphone dengan sikat. Bagian kepala earphone merupakan bagian yang krusial sebagai tempat berkumpulnya debu sehingga kita harus sering-sering membersihkannya. Ambil sikat gigi yang sudah tidak terpakai dan gunakan untuk membuat debu yang melekat di sana berjatuhan.
Nah, semoga tips di atas bisa membantu kamu untuk merawat earphone, ya!
Lanjut Tips Merawat Earphone

Yuk, Kenali 3 Jenis Nasi Ini

Diposkan oleh Heni Minata on Senin, 09 Mei 2016

Kalau kamu suka makan, pastinya kamu sudah mengenal tiga jenis nasi ini: nasi kebuli, nasi biryani, dan juga nasi mandhi. Ketiga nasi ini memang memiliki rasa yang cukup gurih sehingga mampu membuat siapa pun yang memakannya berdecak lidah saking lezatnya. Coba saja sajikan makanan ini di meja ruang tamu saat sedang menjamu kerabat! Wah, pastinya dalam hitungan menit pun nasi ini akan segera dilahap oleh tamu yang berkunjung.

Namun, sayangnya masih banyak yang belum tahu nih perbedaan dari ketiga nasi yang sudah disebutkan. Padahal, perbedaannya cukup kentara sekali, lho. Nah, kalau kamu juga belum tahu apa bedanya, yuk simak artikel berikut ini!
jenis masakan nasi
  1. Nasi Kebuli. Dibanding dua jenis nasi yang lainnya, nasi kebuli merupakan nasi yang lebih mudah untuk dikenali. Pasalnya, nasi ini memiliki aroma yang khas—sejenis kari—dan juga memiliki warna kekuningan. Biasanya, nasi kebuli disajikan dengan daging kambing goreng dan kaya akan rempah-rempah. Nasi kebuli dimasak dengan kaldu kambing dan juga susu kambing (atau santan), lalu kemudian dicampurkan dengan bumbu-bumbu lain. Di beberapa daerah, terkadang nasi kebuli disajikan dengan sambal goreng ati. Rasanya yang gurih dan juga nikmat membuat banyak orang yang jatuh hati dengan sajian ini.
  2. Nasi Biryani. Hidangan ini biasa dimasak bersamaan dengan rempah-rempah, sayur, dan juga daging. Nasi biryani berasal dari Persia dan memiliki aroma rempah yang jauh lebih tajam plus rasa yang lebih gurih dibanding nasi mandhi. Nasi biryani dimasak dengan beberapa tahap, dimulai dari pemasakan beras, lalu pencampuran bahan lain, dan juga finishing-nya.
  3. Nasi Mandhi. Nasi mandhi merupakan sajian khas Timur Tengah yang juga banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Nasi ini tidak berwarna kuning seperti nasi kebuli, namun rasanya juga kaya dengan rempah-rempah. Selain itu, kamu juga bisa menemukan rasa kapulaga yang kuat plus aroma asap yang meresap ke dalam nasi. Untuk menambah cita rasa, biasanya nasi mandhi disajikan dengan menggunakan daging kambing.
Gimana? Mana nasi yang paling ingin kamu cicipi?
Lanjut Yuk, Kenali 3 Jenis Nasi Ini

Alat Berat untuk Bawah Laut

Diposkan oleh Heni Minata on Rabu, 04 Mei 2016

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa di dalam perut bumi terdapat banyak sekali kandungan material yang dapat kita manfaatkan. Akan tetapi, untuk mengambil material ini bukanlah perkara mudah. Alat berat sangat dibutuhkan untuk mengambil material yang berada di perut bumi tersebut. Namun, pengambilan material ini akan menjadi semakin sulit lagi jika berada di dalam laut. Karena, tidak semua alat berat ataupun spare part alat berat mampu bekerja di dalam laut. Sementara, mengerjakan secara manual jelas bukan pilihan, karena akan sulit menyediakan pengaman saat bekerja di proyek jika lokasinya berada di laut yang cukup dalam. Padahal, material yang ada di dalam dalam laut ini adalah material yang bernilai sangat tinggi. Misalnya, seperti  emas, berlian, mangan, dan berbagai material lain, yang tentunya akan sayang jika tidak dapat dimanfaatkan karena kesulitan dalam pengambilannya.
alat berat

Meskipun begitu, bukan berarti material tersebut tidak bisa diambil. Karena, saat ini tengah dikembangkan alat berat dalam laut yang nantinya akan dimanfaatkan untuk proyek penambangan di lokasi ini. Karena bekerja di dalam laut, tentunya alat berat yang diproduksi haruslah memenuhi berbagai kriteria, antara lain mampu bekerja dan tidak akan mengalami error akibat pasir atau material lain di dalam laut, dan tidak mudah karat, mengingat air laut sangat berpengaruh negatif terhadap besi.

Sebagai tahap awalnya, pada tahun 2015 Subsea engineering dari Perusahaan SMD bernama MV Happy Delta, memperkenalkan 3 alat berat baru yang dapat digunakan untuk proyek pertambangan dalam laut. Ketiga alat berat ini memiliki panjang sekitar 50 kaki, lebar 15-20 kaki, dan berat 220 hingga 340 ton. Untuk pengoperasiannya sendiri, tidak dilakukan langsung dari dalam alat berat. Operator akan mengoperasikan alat berat ini dari dalam ruang kontrol yang berada di kapal di permukaan laut. Kapal ini terhubung dengan alat berat memalui sistem pipa central, yang akan mengangkut material dari alat berat ke atas kapal. Di kapal ini jugalah, material akan mulai dipisahkan antara yang akan digunakan dengan material lain yang tidak bermanfaat namun ikut terbawa.

Namun, meskipun sudah diperkenalkan, alat ini belum secara efektif digunakan karena masih dalam proses uji coba. Sementara, untuk proses peng-install-an control di kapal yang akan digunakan baru akan dilakukan pada tahun 2017. Untuk pemanfaatan alat berat ini sendiri, diperkirakan baru akan dimulai pada Tahun 2018. (Vita)
Lanjut Alat Berat untuk Bawah Laut

Air Terjun Beku Bernama Hierve el Agua

Diposkan oleh Heni Minata

Hierve el Agua
Bagi kalian gemar mencari petualangan nan memacu adrenalin, melihat air terjun yang mengalir dari atas ketinggian mungkin sudah menjadi pemandangan yang lumrah. Apalagi setelah melalui perjalanan panjang dengan mobil Mitsubishi strada triton kita, air terjun bagaikan oase yang ‘mendinginkan’ diri kita. Namun demikian, jika air terjun yang mengalir sudah sering kita lihat, bagaimana dengan air terjun yang membeku? Pastinya belum pernah lihat, dong. Kebetulan, kali ini kami akan mengajak kalian untuk pergi ke Meksiko dan melihat The Frozen Waterfalls.

The Frozen Waterfalls adalah sebuah tempat wisata yang akhir-akhir ini sedang digandrungi oleh para traveler dunia. Tak ketinggalan, situs media sosial seperti Instagram bahkan sudah memasukkan liputan beserta foto-foto instagramers dalam blognya. Jika kalian ingin melihat keindahan The Frozen Waterfalls yang sudah diabadikan oleh para instagramers, kalian bisa mampir ke blog Instagram, ya!

Nah, sebetulnya The Frozen Waterfalls itu apa sih? The Frozen Waterfalls atau Air Terjun yang Membeku adalah ilusi pemandangan berbentuk air terjun. Mengapa disebut ilusi, sebab air terjun ini tidak berbentuk air yang mengalir melainkan tersusun dari batu. Batu-batu tersebut merupakan hasil dari sisa mineral dalam aliran air yang menetes menuruni tebing curam. Nah, warna putih yang kelihatan seperti air mengalir deras merupakan komposisi kalsium karbonat. Kalau kalian lihat di gambar, ilusi pemandangan ini persis sekali seperti air terjun, ya!

Di Meksiko, The Frozen Waterfalls ini dikenal dengan nama Hierve el Agua. Hierve el Agua berarti “air mendidih” dalam bahasa Spanyol. Disebut sebagai air mendidih karena di bagian atas air terjun ini terdapat kolam alami yang meletup-letup. Kolam ini jugalah yang sering dijadikan kawasan objek foto oleh para fotografer.

The Frozen Waterfall terletak di negara bagian Meksiko, yaitu Oaxaca. Tempat wisata ini terletak sekitar 70 kilometer di sebelah timur kota Oaxaca, kotamadya San Lorenzo Albarradas. Untuk menikmati fenomena yang sangat menakjubkan ini, kita harus melewati medan yang cukup berat, loh. Sebelumnya, kita harus melewati jalan yang sempit dan tidak rata. Terlebih lagi, jalanan tersebut berkelok-kelok dan diapit oleh tebing-tebing tinggi berbatu. Akan tetapi, jangan khawatir! Semua perasaan lelah kita tentunya akan terbayar begitu melihat The Frozen Waterfall secara langsung.

Untuk membuat sebuah ilusi pemandangan dengan air terjun setinggi beberapa puluh kilometer ini dibutuhkan waktu yang lama, loh. Prosesnya sama seperti pembentukan stalaktit di gua kapur. Oleh sebab itu, bila kalian mendapat kesempatan untuk mengunjungi tempat itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan jangan merusak keseimbangan alamnya, ya!
Lanjut Air Terjun Beku Bernama Hierve el Agua