Amankah Ibu Hamil Mengkonsumsi Nanas?

Diposting oleh xexe on Jumat, 09 Februari 2018

nanas
Nanas merupakan salah satu makanan yang tidak masuk daftar makanan sehat untuk ibu hamil muda. Wah kok bisa? Bukannya buah merupakan asupan yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin? Berdasarkan web Alodokter, nanas mengandung enzim bromelin yang dapat melunakan leher rahim dan memicu kontraksi dini. Untuk bisa mendapatkan efeknya, ibu perlu mengkonsumsi 6-7 buah nanas. Bukan hanya efek kontrak dan melunaknya leher rahim, ibu juga bisa kena diare. Jadi bisa dibilang buah ini sangat tidak disarankan kepada ibu dengan masa kehamilan yang masih muda.

Eits, tunggu dulu. Bukannya tidak ada penelitian pasti yang menyatakan bahwa nanas berbahaya? Yap, memang belum namun tidak ada salahnya ibu menghindari buah ini buat aman. Karena efek-efek yang disebabkan buah ini pada kehamilan muda adalah keguguran.  Selain itu, konsumsi buah ini dalam jumlah banyak dapat meningkatkan resiko kulit alergi dan panas pada bayi. Jika seadainya aman dikonsumsi pastilah buah ini bisa menjadi makanan yang dapat mengurangi rasa mual. Namun sayangnya efeknya tidak baik.

Wah, berarti tidak ada gunannya bagi ibu hamil jika mengkonsumsi nanas dong? Tidak juga sih karena nanas sebenarnya baik untuk ibu namun ada beberapa peraturan yang harus dipatuhi jika ingin mengkonsumsi nanas. Apa saja peraturannya agar bisa konsumsi nanas?
  • Konsumsi pada trimester 3 aja
  • Harus nanas yang sudah matang. Jadi bisa dibilang ibu hamil harus menghindari nanas muda sama sekali.
  • Pastikan nanas yang dimakan masih segar dan sudah dibersihkan. Jangan makan nanas dengan kulitnya, nanti sakit.
  • Tidak boleh mengkonsumsi nanas dalam jumlah banyak. Ya, cukup 3-4 potong aja.
  • Hindari mengkonsumsi bagian tengah nanas karena bagian tersebut yang mengandung enzim bromelin paling banyak. Jika Ibu ingin mempercepat proses kelahiran dalam konteks masa kehamilan memang sudah cukup, ibu boleh mengkonsumsi bagian tengah nanas tentu dalam batas yang wajar.
  • Jangan mengkonsumsi nanas jika masa kehamilan masih mudah. Amannya coba konsultasi sama dokter kandungannya.
Manfaat apa aja yang bisa didapat ibu hamil dari mengkonsumsi nanas (ingat! Dalam nanasnya harus mengikuti peraturan di atas)? Manfaatnya seperti mengurangi rasa cemas karena nanas mengadung flavanois. Jadi, boleh aja mengkonsumsi nanas namun ingat peraturan di atas ya sebelum mengkonsumsi nanas.

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar