Agar Janin Sehat, Pantangan Ini Tak Boleh Dilanggar Saat Hamil

Diposting oleh xexe on Kamis, 07 Desember 2017

kehamilan
Saat hamil, mungkin banyak orang di sekitar Anda yang memberikan masukan atau nasihat. Mulai dari perdebatan soal susu UHT untuk ibu hamil atau susu formula yang lebih baik, kegiatan apa saja yang sebaiknya dilakukan ibu hamil, hingga larangan ini dan itu. Sebenarnya apa sih yang perlu dihindari saat kehamilan dan apa alasannya? Nah, berikut ini ada beberapa penjelasan yang bisa menjawab pertanyaan Anda tentang apa-apa saja yang dilarang saat hamil beserta alasannya.

  • Hati-hati Mengonsumsi Ikan

Bukankah ikan mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk perkembangan otak janin? Ya, namun Anda harus lebih hati-hati dalam mengonsumsi ikan. Jika tidak, Anda bisa salah pilih dan justru mengonsumsi ikan yang mengandung merkuri. Lebih baik Anda tidak mengonsumsi ikan mentah seperti sashimi ataupun sushi. Ikan laut dan seafood seperti udang juga perlu dibatasi.
Jumlah merkuri yang terlalu banyak dapat memengaruhi kondisi janin. Menurut Badan Perlindungan Lingkungan (EPA), merkuri bisa memengaruhi bahasa, keterampilan motorik, dan penglihatan. Bahkan bisa membuat bayi autis jika jumlahnya terlalu banyak. Namun dengan adanya risiko ini, bukan berarti Anda perlu menghentikan konsumsi ikan sepenuhnya. Cukup dibatasi saja agar tetap aman.

  • Batasi Penggunaan Kosmetik

Kosmetik memang telah menjadi salah satu hal yang esensial dalam kehidupan wanita. Namun saat hamil, Anda perlu memilih dengan teliti dan menghindari beberapa produk yang mengandung kandungan berbahaya untuk ibu hamil. Hindarilah kosmetik yang mengandung retinoid, merkuri, hydroquinone, benzoil peroxyde, dan rhodamin. Teliti dulu sebelum membeli dan lakukan research terlebih dahulu terhadap kosmetik atau skincare yang ingin Anda gunakan.

  • Sauna

Saat tidak hamil, sauna memang baik untuk kesehatan dan dapat membuat tubuh rileks. Namun saat hamil, Anda perlu berhati-hati saat sauna. Bukannya tidak boleh dilakukan sama sekali, namun lebih baik tidak terlalu sering karena dapat menimbulkan beberapa risiko.
Sauna bisa membuat janin kepanasan dan membuat air ketuban berkurang. Bahkan jika kandungan sudah besar, sauna yang terlalu sering dengan suhu yang terlalu panas juga bisa menyebabkan keguguran. Jadi, lebih baik kurangi atau hindari melakukan sauna saat hamil. (Rima)

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar