Mengenal Hari Kanker Sedunia

Diposting oleh xexe on Kamis, 21 Mei 2015

Mungkin beberapa dari kita tidak sadar bahwa ternyata ada hari khusus untuk memperingakit penyakit kanker. Hari Kanker Sedunia memang belum lama ditetapkan. Hari Kanker Sedunia ini ditetapkan pada tahun 2005 bahwa setiap tanggal 4 Februari akan diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia. Siapa yang memberikan gagasan ini? Dokter kanker, mantan pasien atau keluarga dari pasien kanker? Jawaban yang paling tepat adalah UICC.

UICC atau kepanjangan International Union Against Cancer merupakan sebuah organisasi keanggotaan yang dibentuk pada tahun 1933 dengan berpusat di Jenewa. Saat ini UICC sudah beranggotakan 800 organisasi yang tersebar di 155 negara. Tujuan dari organisasi ini aldah melawan kanker. Untuk tujuan tersebut, organisasi ini membentuk lembaga penelitian dan departemen kesehatan kanker.

Penetapan hari kanker sedunia berfungsi untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dunia akan kanker, dan meningkatkan langkah pencegahan, deteksi dini maupun pengobatannya. Pada umumnya agenda rutinnya adalah kampanye untuk menginformasikan bahwa 43% kasus penyakit kanker bisa dicegah dengan cara pola hidup sehat. Pola hidup yang disarankan adalah
  • Tidak merokok dan pastikan lingkungan sekitar juga bebas rokok (tidak menjadi perokok aktif ataupun pasif)
  • Aktif bergerak. Jika kerja dikantoran, pastikan Anda meruangkan waktu untuk meregangkan badan atau rutin berolahraga
  • Mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang
  • Mencegah kegemukan yang over / obesitas
  • Menjalani vaksinasi virus penyebab kanker hati dan leher rahim
  • Menghindari berjemur di bawah sinar matahari terlalu lama
Selain tanggal 4 Februari yang diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia, terdapat juga tanggal lain yang diperingati sebagai hari kanker. Tanggal 15 Februari setiap tahun diperingati sebagai Hari Kanker Anak Sedunia. Tujuan penetapan hari ini untuk mengingatkan masyarakat bahwa ancaman kanker tidak hanya menyerang orang dewasa tetapi juga anak-anak.

Biasanya pada tanggal 15 Februari ini, semua CCI (Childhood Cancer International) yang memiliki 177 anggota organisasi dari 90 negara akan meluncurkan kampanyenya. Tema kampanye berbeda setiap tahunnya namun agedanya sama yaitu meningkatkan awareness orangtua mengenai penyakit kanker dan pencegahannya.

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar