Ini Bahaya Ngemil Sambil Nonton TV

Diposting oleh xexe on Rabu, 20 Mei 2015

Acara favorit orang saat nonton cable tv Bali bisa saja berbeda-beda, tapi kegiatan sampingan waktu nonton TV biasanya tidak berbeda jauh. Satu kegiatan yang paling sering orang lakukan saat menonton TV adalah ngemil atau snacking. Memang, saat nonton TV seperti ini rasanya akan terasa kurang kalau mulut tidak mengunyah sesuatu, apalagi bila kita sedang maraton film alias nonton beberapa film sekaligus.

ngemil sambil nonton
Makanan yang biasa dicemil pun beragam, ada yang suka makanan asin seperti keripik, chips, atau popcorn, dan ada juga yang lebih menyukai makanan manis seperti coklat, kue, atau cereal. Sayangnya, kebiasanya ngemil saat nonton TV ini ternyata memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan, mulai dari resiko obesitas, kolesterol, hingga penyakit jantung. 

Sebuah penelitian di Inggris mengungkapkan bahwa mereka yang nonton TV sambil ngemil cenderung mengonsumi lebih banyak kalori. Tidak heran, karena jumlah porsi makan yang dikonsumi selama ngemil ini bisa meningkat sebanyak 50% dibandingkan saat kita makan atau ngemil biasa. Hal ini dikarenakan pada saat kita menonton TV kita tidak sadar dengan jumlah makanan yang masuk ke mulut kita. 

Jumlah asupan makanan yang dikonsumsi ini bahkan bisa lebih besar lagi saat kita nonton film dengan genre action. Penelitian yang dilakukan oleh Cornell University, AS menemukan bahwa mereka yang menonton film aksi memakan cemilannya lebih banyak, 98%, dari pada mereka yang ngemil di saat nonton acara talk show. Penelitian ini menegaskan bahwa film aksi dengan alur cerita yang cepat akan membuat perhatian orang teralihkan dan hasilnya mereka jadi makan berlebihan. 
Efek buruk dari ngemil saat nonton TV ini tidak hanya bisa terjadi pada orang dewasa saja, namun juga pada anak-anak. Anak-anak yang ngemil saat nonton TV atau bermain video game didapati lebih memilih untuk ngemil makanan yang tidak sehat. Sehingga  memiliki resiko kegemukan yang lebih tinggi serta resiko diabetes dan kolesterol.

Resiko buruk dari cemilan saat nonton TV ini bukannya tidak bisa dihindari. Sebenarnya, ada cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk menghindarinya, salah satunya adalah dengan mengganti snack yang tidak sehat dengan buah-buahan dan sayuran atau snack sehat lainnya. Dengan begitu, kita bisa tetap menikmati TV sambil ngemil namun bebas dari resiko obesitas dan penyakit berbahaya lainnya. (raw)

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar