Cara Berbelanja di eBay

Diposting oleh xexe on Selasa, 15 Juli 2014

eBay adalah sebuah situs online internasional yang memungkinkan orang-orang dari seluruh dunia dapat melakukan transaksi jual dan beli. Sakin besarnya eBay, kita bisa menemukan berbagai jenis barang di sana. Jadi tidak heran bila beberapa orang sangat doyan berbelanja di situs ini.

Berbelanja di Situs eBay

Akun eBay dan Paypal

Untuk berbelanja atau berjualan di situs eBay, kita perlu membuat akun terlebih dahulu. Untuk pembuatan akunnya tentu cukup mudah. Namun jangan buru-buru langsung membuat akun eBay. Hal pertama yang perlu kita lakukan terlebih dahulu adalah membuat akun Paypal.

Apa itu Paypal? Merupakan nama perusahaan yang menyediahkan jasa transfer uang dan pembayaran secara online jadi bisa dibilang Bank Online lah. Kenapa harus buat Paypal? Karena kebanyakan penjual eBay lebih suka menerima pembayaran via Paypal daripada kartu kredit. Untuk membuka akun Paypal, kita perlu kartu kredit dan memiliki akun Bank. Untuk pembuatan Paypal bisa langsung ke website Paypal.

Saatnya Cari Barang yang Disukai

Setelah memiliki akun Paypal, eBay dan terverifikasi; sekarang kita bisa mulai jualan dan belanja. Untuk jualan, pastikan kita menyertakan deskripsi dan foto barang yang jelas. Sedangkan untuk pembelian, kita bisa mencari barang menggunakan kolom search yang sudah disediahkan oleh eBay.

Cek dulu Sebelum Beli

Setelah ketemu barang yang diincar, jangan langsung klik beli. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelumnya, yaitu:
belanja di ebay
  • Cara pembayaran apa yang diterima oleh penjual. Memang rata-rata penjual di eBay pastinya menerima Paypal namun tidak ada salahnya kita memastikannya lagi. Gimana cara mengeceknya? Gampang, kita hanya perlu meng-scroll kebawa dikit dan cari tulisan “payments”. Ingin lebih jelas lagi, klik ada tulisan “see payment information” yang ada di sampingnya.
  • Dikirim ke Indonesia atau tidak? Ada beberapa toko yang tidak melayani pengiriman ke Indonesia, jadi hati-hati sebelum mengklik kata beli. Cari tulisan “Shipping” untuk mengecek apakah toko tersebut melayani pengiriman internasional dan berapa biaya pengiriman yang diperlukan. Ada beberapa toko yang menawarkan gratis untuk pengiriman lo jadi jangan hanya lihat harga aja tetapi lihat biaya pengirimannya juga.
  • Ada garansi? Pada umunya ada garansi money back guarantee namun setiap toko memiliki peraturannya masing-masing sehingga kita perlu mengeceknya terlebih dahulu. Beberapa toko menawarkan garansi uang kembali namun biaya pengiriman barang kembali ditanggung oleh kita dan mungkin ada yang tidak. Jadi cek dulu di bagian “Returns” dan “Guarantee” –nya.
  • Berapa lama? Untuk pengiriman barang internasional, tentu waktu yang dibutuhkan lama. Pada umumnya waktu yang diperlukan untuk pengiriman internasional sampai adalal 1 minggu – 1 bulan.

Tekan kata Beli

Setelah mengecek semuanya dan membandingkan harga dengan toko lain, saatnya menentukan pilihan. Tekan “Beli” untuk produk yang diinginkan. Setelah pesanan kita masuk, kita akan diminta melakukan pembayaran. Segera lakukan pembayaran dan infokan kepada penjualnya bahwa kita telah membayar.

Menunggu Barang Sampai

Menunggu pengiriman baranginternasional emang tidak enak karena waktu yang dibutuhkan cukup lama. Pastikan kita masih memiliki struk pembelian dan transfer agar bisa klaim jika hingga 1 atau 2 bulan barang belum sampai. Perlu diingat kadang-kadang barang pengiriman barang internasional bisa tertahan di bea cukai. Biasanya jika tertahan di bea cukai, kita akan diinformasikan untuk mengurusnya langsung di bea cukai terdekat.

Semoga artikel informasi berbelanja di situ eBay ini membantu. Dan pastikan memilih jasa pengiriman barang internasional yang tepat.–hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar