Mengecilkan Perut Buncit: Diet Sehat Tanpa Gula

Diposting oleh xexe on Senin, 02 Desember 2013

tips mengecilkan perut buncit secara alamiAnda ingin mengikuti tips mengecilkan perut buncit secara alami, Anda harus memastikan bahwa makanan yang mengandung gula atau pemanis dicoret dari daftar makanan Anda. Gula adalah sumber energi dan lemak. Gula yang masuk ke dalam tubuh akan diubah menjadi Glukosa. Glukosa sebenarnya digunakan sebagai asupan tubuh agar tubuh memiliki energi.

Biasanya Glukosa disimpan oleh hati ketika tidak dibutuhkan. Pada saat gudang penyimpanan (hati) glukosa sudah penuh karena tubuh sudah memiliki asupan yang cukup maka glukosa akan diubah menjadi lemak. Kenapa diubah menjadi lemak? Agar mudah disimpan di bagian tubuh lain selain hati seperti jaringan otot perut dan bagian lainnya. Jadi cara mengatasi perut buncit adalah mengurangi asupan gula atau pemanis sehari-hari. Kalau bisa, hilangkan sama sekali.

Selain menjadi penyebab meningkatnya lemak, gula di dalam darah yang terlalu banyak dapat menganggu kinerja hormon insulin. Tergangunya hormone insulin dalam jangka panjang dapat menjadi pemicu penyakit diabetes  dan kardiovaskular.

Tips Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami Tanpa Gula

gula
  • Kurangi asupan gula sehari – hari atau gunakan gula seperlunya saja. Ada baiknya untuk beberapa kondisi yang memungkinkan gula diganti dengan Madu, Kismis atau Buah yang memiliki rasa manis namun tentu saja lebih sehat daripada gula.
  • Perlu diingat bahwa kebutuhan gula setiap irang berbeda-beda tergantung dengan kondisi tubuh (penyakit, tinggi dan berat tubuh). Jadi jangan mengikuti takaran orang lain secara sembarangan. Untuk pasien diabetes, gula harus dihindari.
  • Hindari  konsumsi soft drink karena kebanyakan minuman jenis ini mengandung pemanis buatan agar manis. Minuman yang paling sehat adalah air putih.
  • Jangan menambahkan gula pasir, air gula ataupun susu manis pada saat Anda akan membuat jus. Lebih baik menggunakan madu atau tidak menggunakan apa-apa sama sekali, toh jus buah tanpa pemanis sudah enak dan lebih sehat.
  • Pemanis alami yang terdapat di dalam buah lebih baik dan lebih sehat dibandingkan gula pasir atau pemanis buatan. Lagipula buah mengandung berbagai vitamin dan mineral lain yang dibutuhkan tubuh.
  • Jangan lupa sarapan. Sarapan membantu kinerja tubuh dan otak di saat pagi. Sarapan sehat yang disarankan adalah sereal gandum, susu tanpa lemak dan buah. Bila Anda adalah orang yang sangat suka nasi, disarankan porsi nasi putih dikurangi dan perbanyak konsumsi sayur; Atau ganti dengan nasi merah.
  • Hindari mengkonsumsi kue, permen, biskuit atau jenis snack lain yang mengandung gula / pemanis terlalu banyak. Ganti dengan snack sehat dan bergizi seperti buah potong segar, yogurt, tomat, salad sayur atau snack gandum tanpa gula /pemanis.
  • Salah satu tips mengecilkan perut buncit secara alami yang ampuh adalah menganti konsumsi cokelat manis dengan cokelat hitam. Dibandingkan cokelat putih atau yang mengandung pemanis, lebih baik cokelat hitam. Cokelat hitam yang dimaksud adalah cokelat yang mengandung kakao minimal 75 persen. Rasa cokelat hitam memang pahit dibandingkan cokelat lainnya namun dia lebih sehat.

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar