Dampak Negatif dan Postif Dari Belanja Online

Diposting oleh xexe on Rabu, 14 Maret 2012

Kata "Belanja Online" menunjukan kegiatan membeli barang secara online (via internet) pada toko-toko virtual. Sejak sistem belanja online mulai digunakan pada pertengahan abad 21, kegiatan belanja secara online semakin meningkat. Dengan adanya sistem ini, membeli barang dari luar negeri semakin mudah tanpa perlu mengeluarkan uang untuk tiket dan hotel. Sehingga tidak heran bila, sistem ini terus berkembang dan penggunaannya semakin luas.

belanja online
Untuk menunjang kegiatan belanja online, berbagi bank virtual diciptakan. Beberapa bank virtual yang terkenal adalah PayPal dan AlertPay. Selain membayar menggunakan bank virtual, pembeli juga bisa menggunakan kartu kredit. Cara pembayaran sebenarnya tergantung kepada penjual. Ada beberapa penjual yang membolehkan sistem transfer antar bank sehingga pembeli tidak perlu menggunakan bank virtual ataupun kartu kredit. Ingat, cek cara pembayaran yang ditawarkan sebelum membeli.

Dampak dari Belanja Online kepada

Dampak Positif Belanja Online

  • Waktu lebih efesien dikarenakan pembeli bisa langsung mencari barang dari berbagai toko online sekaligus. Selain itu, pembeli juga bisa langsung melakukan perbandingkan harga, spesifikasi dan lainnya. Dengan ini, pembeli tidak perlu membuang waktu pergi ke toko, macet dan melakukan pengecekan harga toko satu per satu.
  • Tidak akan ketinggalan promo atau diskon. Toko online bisa dibuka kapan saja dan dimana saja, asalkan ada internet dan wifi. Para pembeli bisa menggunakan pc, laptop, tablet ataupun handphone untuk mengecek promo atau diskon setiap toko online. Tidak lebih dari 1 jam, semua promo atau diskon sudah selesai dicek.

Dampak Negatif Belanja Online

  • Tidak bisa mengecek  barang. Karena pembelian barang via online, barang yang dibeli tidak bisa dicek terlebih dahulu baik itu ukuran, jahitan atau warna. Sehingga tidak heran, kadang kala barang yang diterima tidak sesuai harapan.
  •  Dalam proses belanja online, pemberi diwajibkan membayar terlebih dahulu sebelum barangnya bisa dikirim. Proses ini menjadi cela bagi para penipu untuk beraksi. Tidak jarang banyak orang yang tertipu hingga berjuta-juta.
  • Makin Malas dan Boros. Tidak bisa dipungkiri dengan semua kemudahan berbelanja online, membuat para pembeli mulai malas pergi keluar dan mengeluarkan uang semakin mudah. Banyak orang berpikir, selagi murah, beli aja , toh hemat ongkos transportasi atau toh lagi promo, jadinya belanja makin banyak.
Dampak apa yang Anda rasakan? Positif atau negatif? Semunya tergantung gimana Anda menanganinya. 

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar