Gula Sumber Energi dan Lemak

Diposting oleh Unknown on Jumat, 08 November 2013

Salah satu tips mengecilkan perut bunci secara alami yang bisa dilakukan adalah menghindari konsumsi gula terlalu banyak. Pertama-tama perlu diingat bahwa sebenarnya “Gula Bukanlah Makanan yang Mengemukan”. Faktanya tubuh kita menggunakan gula untuk tetap berfungsi. Tubuh membakar gula yang masuk ke dalam tubuh dan mengubahnya menjadi energi yang dibutuhkan untuk hidup.

Jenis Gula di Dalam Tubuh Manusia

Tips mengecilkan perut buncit secara alami
Pada umunya banyak makanan yang sehat juga diolah oleh tubuh manusia menjadi 2 jenis gula yaitu

Monosakarida
Gula yang lebih sederhana dalam tubuh manusia adalah Monosakarida yang merupakan senyawa karbohidrat dengan bentuk gula paling sederhana. Contoh dari monasakarida adalah glukosa, fruktosa, galactosa, xylose dan ribosa.

Polisakarida
Gula tubuh yang lebih komplek adalah Polisakarida. Polisakarida adalah polimer yang disusun oleh ratusan atau ribuan monosakarida dan dihubungkan dengan ikatan glikosidik.  Contoh Polisakarida adalah pati, glikogen, agarosa dan selulosa – tepung ketang, makanan berkarbohirat. Polisakarida dibedakan menjadi 2 berdasarkan fungsi:
  • Polisakarida cadangan adalah cadangan energi (dalam bentuk gula) yang dibutuhkan oleh sel – sel di dalam tubuh. Jenis polisakarida ini sangat mudah terurai secara biologis.
  • Polisakarida penyusun merupakan penyusun yang dibutuhkan untuk menyusun sel dan jaringan. Polisakarida jenis ini sangat susah terurai.

Cara Gula Membuat Berat Badan Naik

Memang gula merupakan sumber energi bagi tubuh namun perlu diingat bahwa gula juga bisa menyebabkan kegemukan. Ada 2 cara yang dapat digunakan oleh si Gula untuk membuat kita gemuk.

GLUKOSA

Gula makanan diubah didalam tubuh menjadi Glukosa. Glukosa merupakan salah satu gula di dalam tubuh. Kelebihan Glukosa bisa membuat kita semakin gemuk. Kelebihan Glukosa terjadi karena kita mengasup tubuh secara berlebihan daripada yang dibutuhkan sehingga hati sebagai tempat penyimpan gula sudah overload. Ketika hati sudah tidak bisa menyimpan Glukosa lagi padahal masih banyak Glukosa yang masuk, hati akan mengeluarkan jurus pemungkasnya yaitu mengubah glukosa yang tersisa menjadi LEMAK dan disimpan di berbagai bagian bagian tubuh kita seperti perut, pinggul, pantat, lengan, paha dan payudara.

Bonus tambahan adalah lemak tidak hanya disimpan di bagian tubuh yang terlihat saja tetapi juga di organ – organ dalam seperti jantung dan ginjal. Dengan organ dalam diselimuti lemak maka kemampuan / fungsi organ tersebut akan semakin berkurang sehingga menurunkan sistem metabolism, sistem kekebalan tubuh dan sistem aliran darah.

INSULIN

Insulin merupakan hormon yang dikeluarkan oleh tubuh ketika kita menelan makanan yang mengandung karbohidrat komplek hingga sederhana seperti jus buah, roti, roti gandum, nasih putih, kentang putih rebus, bagel, croissant, pretzel, biskut wafer, keripik jagung, cornflake, kacang jeli, minuman manis, bir, sirup jagung dengan fruktosa dan kue.
Semakin banyak konsumsi karbohidratnya, semakin banyak insulin yang dikeluarkan oleh tubuh. Tindakan yang terjadi ketika kadar insulin melonjak:
  • Proses pembakaran lemak  menjadi energi dihentikan karena tubuh memutuskan untuk menggunakan gula yang baru masuk sebagai sumber energi daripada gula lama yang disimpan sebagai lemak.
  • Gula-gula yang diubah menjadi energi akan disimpan dalam setiap jaringan otot kita. Ketika tempat penyimpanan sudah penuh, Insulin akan mengubah gula tersebut menjadi LEMAK sama seperti Lemak yang dikeluarkan oleh hati ketika sudah overload dengan glukosa.

Tips Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami

Nah, sekarang kita sudah tahu bahwa penyebab perut semakin buncit setiap harinya adalah konsumsi gula per hari. Berikut ini beberapa tip mengecilkan perut secara alami dengan membatasi konsumsi gula
makanan sehat
  • Kurangi konsumsi gula dalam bentuk gula padat ataupun cair seperti gula pasir, gula batu, gula merah, gula buatan dan lainnya.
  • Ganti nasi putih dengan nasi merah yang mengandung banyak serat dan sedikit gula.
  • Kurangi pengkonsumsian makanan karbohidrat karena karbohidrat tersusun dari glukosa, galaktosa dan fruktosa baik itu untuk makanan berat atau cemilan. Beberapa contoh makanan yang mengandung karbohidrat adalah beras, kentang, singkong, ubi jalar dan gula. Bukang dihilangkan hanya dikurangi karena tubuh masih membutuhkan mereka.
  • Kurangi cemilan roti, kue, biskuit ataupun makanan manis lainnya. Gantilah dengan cemilan yang lebih sehat seperti buah dan sayur.
  • Hindari minuman yang mengandung gula seperti jus buah, smoothie dan minuman dengan pemanis lainnya.
  • Berolahraga agar simpanan lemak dalam tubuh dibakar menjadi energi dan lemak semakin berkurang. Ingat pembakaran lemak ini terjadi secara bertahap sehingga olahraga harus dilakukan secara runtin dan jangan berharap hasil instan.
  • Ganti konsumsi karbohidrat pemicu insulin dengan karbohirat yang tidak memicu insulin terlalu kuat seperti buah (pir, apel, jeruk, pisang yang masih kurang matang, oatmeak, beras merah, gandum utuh, yogurt, susu, suku biji-bijian dan kacang-kacang (kacang polong, kedelai).
Tips mengecilkan perut buncit secara alami ini memang terlihat sangat sederhana namun perlu komitmen untuk menjalankan secara teratur. Gula sumber energi tetapi juga lemak–hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar