Jenis Nasi Tumpeng Indonesia

Diposkan oleh Heni Minata on Selasa, 15 November 2011


Info dari catering murah tentang tumpeng.  Jenis nasi tumpeng di Indonesia adalah:

Tumpeng Robyong
Dibuat khusus untuk upacara siraman dalam pernikahan adat Jawa. Nasi ditata diatas bakul sedangkan puncaknya dihias telur ayam, bawang merah, terasi dan cabai sedangkan nasi tetap dikelilingi oleh urap, gereh petek dan telur ayam rebus.

Tumpeng Nujuh Bulan
Dibuat untuk syukuran 7 bulan kehamilan. Tumpeng ini ditata di atas tampah beralasan daun dengan tumpeng besar di kelilingi 6 tumpeng kecil di sekelilingnya. Isinya selalu ada nasi putih, telor rebus, sayuran dan menu lainnya.

Tumpeng Pungkur
Dibuat untuk upacara kematian pria/wanita yang belum menikah. Isinya berupa nasi putih yang dikelilingi lauk pauk. Tumpeng ini harus dipotong vertikal dan diletakkan saling membelakangi.

Tumpeng Putih
Putih berarti suci namun tujuannya tidak berbeda dari tumpeng nasi kuning. Isinya selalu ada  nais putih, ayam inkung bumbu areh, gereh petek , tahu dan tempe bacem.

Tumpeng Nasi Kuning
Warna kuning berartikekayaan dan moral yang luhur sehingga sering digunakan acara / perayaan yang bernuasa syukuran dan gembira. Isinya selalu ada nasi kuning,  perkedel, abon, irisan timun dan dadar rawit.

Tumpeng Nasi Uduk / Tasyakuran
Dibuat untuk peringatan Maulud Nabi. Isinya adalah nasi gurih, ayam inglung bumbu are, lalapan, rambak goreng dan gorengan kedelai hitam.

Tumpeng Seremonil/Modifikasi
Warna nasi dan lauk pauknya  bisa dibuat sesuka hati tanpa berpatokan dengan filosofi tumpeng.
Semoga berguna –hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Poskan Komentar