Sejarah Solar Water Heater

Diposkan oleh Heni Minata on Rabu, 04 Juli 2012

Solar water heater merupakan pemanas air yang menggunakan panas sinar matahari. Pemanas air bertenaga surya  pertama tercatat sudah digunakan sebelum tahun 1900. Alat pertama ini terdiri dari tangki bercat hitam yang dipasang di atas atap. Bahkan pada tahun 1902, sudah ada iklan solar water heater.
Pada tahun 1920, kota Florida dan California Selatan menggunakan pelat kolektor panas yang menangkap panas dari sinar matahari. Masyarakat Amerika Utara mulai banyak menggunakan alat pemanasi ini ketika terjadi krisis minyak bumi pada tahun 1973.

Sejarah Pemanas Air di Mediterania
iklan solar water heater
Selain di negara Amerika, ternyata solar water heater juga banyak digunakan oleh bangsa lain di Mediterania terutama oleh Israek. Pada tahun 1950 terjadi krisis bahan bakar di Israel sehingga pemerintah mengeluarkan larangan memanaskan air dari antara jam 22.00-06.00 (jam 10 malam – 6 pagi). Demi menghadapi larangan ini, Levi Yissar membuat prototipe pemanas air pertama di Israel. Namun hanya 20% penduduk yang menggunakan alat ini hingga tahun 1967.

Ketika terjadi krisis energi, Israel Knesset mengeluarkan peraturan yang mengharuskan setiap rumah baru untuk menggunakan solar water heater. Peraturan ini pun membuat Israel bisa menghemat setidaknya 2 juta barel minyak pertahunnya.

Solar Heater Water Setelah 1960
Setelah tahun 1960, penggunaan solar water heater semakin meningkat terutama di negara – negara yang berlimpahan dengan sinar matahari seperti Jepang, Kolombia dan Austria. Bahkan di Cina, setidaknya sudah ada 30 juta rumah tangga yang menggunakan solar water heater. Ini dikarenakan adanya tabung khusus yang memungkinkan pemanas air tetap berfungsi walaupun langit gelap dan suhu lagi di bawah titik beku.

Diterjemahkan dari Wikipedia oleh HM

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Poskan Komentar