Pindah Ke Rumah Baru Dengan Kucing

Diposkan oleh Heni Minata on Rabu, 04 Juli 2012

Saat Anda akan pindah ke rumah atau tempat baru, pastinya Anda membawa hewan peliharaan Anda. Tidakan memindahkan hewan peliharaan dinamakan pet relocation. Dalam melakukan proses pet relocation, Anda harus tahu cara yang tepat untuk melakukan tindakan pet relocation pada  hewan peliharaan Anda.

Setiap hewan peliharaan terutama kucing emang agak sensitif bila menghadapi perjalanan yang panjang serta tempat yang baru. Melakukan pet relocation pada kucing emang tidak gampang. Berikut tips melakukan pet relocation yang nyaman bagi kucing:
pet relocation kucing
  • Kurung kucing di kandang saat perjalanan bila kucing diletakan di bagasi atau truk barang agar aman.
  • Sediahkan beberapa mainan yang dia sukai.
  • Lebih baik letakan kucing berserta kadangnya disamping Anda sehingga Anda bisa mengajaknya bermain (sediahkan mainan yang dia sukai) atau mengelusnya. Diharapkan Anda tidak duduk di depan alias di bangku pengemudi atau di sampingnya.

Setelah Anda sampai di rumah atau tempat baru, bukan berarti proses pet relocation selesai. Anda harus bisa membuat kucing Anda terbiasa dengan tempat baru. Berikut tips yang bisa digunakan:
  • Siapkan sebuah ruangan di rumah baru dengan furnitur yang disukai oleh kucing Anda agar kucing tidak kaget.
  • Dalam ruang yang sudah diisi dengan furnitur kesukaan kucing, Anda bisa meletakan tempat tidur serta mangkuk makanan dan minum disana.
  • Biarkan dia terbiasa dengan rumah dulu. Tapi biasanya beberapa setelah pindahan, kucing akan takut dan bersembuyi. Namun Anda tidak boleh memaksannya keluar di persembunyian. Biarkan dia beberapa hari baru ajak dia jelajahi rumah baru. Masa adaptasi setiap kucing berbeda, ada yang membutuhkan beberapa hari dan ada yang beberapa minggu.
  • Selama masa adaptasi di rumah baru, jangan biarkan dia keluar rumah karena bisa-bisa dia tersesat atau melarikan diri.
  • Cari paling gampang membuat dia terbiasa dengan rumah baru adalah dengan bermain. Ajak dia main yang memerlukan kegiatan berlari atau berjalan mengelilingi semua ruang di rumah baru.

Di atas adalah 5 tips yang bisa digunakan. Bila Anda sudah melakukan 5 tips ini namun kucing Anda belum bisa beradaptasi dalam kurung waktu yang sudah cukup lama. Diharapkan Anda menghubungi dokter hewan.

Tips di atas bisa digunakan kepada hewan peliharaan lain selain kucing bila situasinya memungkinkan. Semoga pet relocation Anda berhasil. –hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Poskan Komentar