Tips Membeli Piano Bekas

Diposting oleh xexe on Kamis, 18 September 2014

Berniat untuk belajar piano atau mengajarkan anak Anda piano? Maka hal yang pertama dilakukan adalah membeli piano. Nah, karena baru untuk belajar maka Anda tidak harus membeli piano baru di toko alat musik. Anda bisa memilih piano bekas dengan harga sekitar 30% dari piano baru, namun dengan kualitas 80%. Menguntungkan, bukan?

Berikut ini beberapa tips yang bisa menjadi panduan Anda ketika mencari dan memilih piano bekas, baik di toko alat musik maupun dari penjual individu, di antaranya:
piano lama
  • Pastikan si penjual benar-benar mengerti segala sesuatu terkait dengan piano tersebut. Mulai dari model, spesifikasi, dan sebagainya. Tentunya akan lebih memudahkan bagi Anda, karena dengan begitu semua pertanyaan Anda sehubungan dengan piano tersebut dapat terjawab oleh si penjual. Ini juga bisa menjadi indikasi dari kredibiltas si penjual. Bila Anda menemukan toko musik atau penjual piano bekas yang tidak mengerti sama sekali tentang piano yang dijual tersebut, maka sebaiknya mulailah mencari tempat atau penjual piano bekas yang lain.
  • Minta bantuan teknisi. Akan lebih baik lagi bila Anda meminta bantuan teknisi piano atau teman Anda yang ahli dalam piano untuk membantu dalam memilih piano bekas ini. Mereka yang ahli ini dapat membantu Anda untuk menilai apakah piano bekas yang dijual masih dalam kondisi yang baik atau tidak, dan sebagainya.
  • Perhatikan kerusakan pada eksterior piano. Kerusakan pada eksterior atau body piano tidak hanya akan mempengaruhi nilai estetikanya namun juga dapat menunjukkan masalah yang ada pada interiornya. Beberapa bagian yang harus Anda cek misalnya adalah suara aneh pada tuts piano, celah atau retakan di eksterior piano yang bisa disebabkan oleh cuaca atau kelembaban, serta bagaimana respon dari pedal piano.
  • Cek kerusakan pada interior. Masalah pada interior piano menunjukkan pemeliharaan yang kurang baik. Beberapa tanda kerusakannya adalah, kerusakan pada sounboard yang berupa lengkungan atau retak, keretakan pada pinblock, serta aus pada hammer. Inilah mengapa Anda perlu meminta bantuan teknisi atau teman yang ahli perihal piano.
  • Cek harga di pasaran. Jangan lupa untuk mencari tahu kisaran harga piano bekas dan baru yang ada di pasaran dari beberapa merk. Ini untuk memastikan Anda tidak membayar piano bekas tersebut lebih mahal dari yang seharusnya.
  • Pastikan waktu garansi. Bila Anda membelinya di toko musik, pastikan toko memberikan garansi untuk piano tersebut dan berapa lama garansinya. Akan lebih baik untuk memilih toko yang menawarkan garansi lebih panjang.
  • Pastikan biaya pengiriman. Kecuali Anda memiliki mobil pick up sendiri, maka biasanya toko alat musik memiliki jasa pengiriman piano yang bisa Anda gunakan. Tanyakanlah berapa besar biaya ini sehingga Anda bisa memperhitungkannya. Anda yang tinggal di apartemen mungkin akan dikenakan biaya yang lebih besar, tergantung pada terletak di lantai berapakah apartemen Anda.


Semoga tips membeli piano bekas tadi bisa membantu Anda. (raw)

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar