Jenis Operasi Bypass Lambung

Diposting oleh xexe on Selasa, 12 November 2013

Cara mengecilkan perut yang cepat dan agak esktrim adalah melakukan operasi bypass pada lambung. Operasi ini hanya disarankan bila pasien sudah melakukan diet, olahraga dan farmakologis namun tidak berhasil. Pasien yang ingin melakukan operasi ini sejak awal harus berkomitmen untuk mengubah gaya hidup termasuk pola makan karena operasi ini tidak akan berhasil tanpa menyesuaikan pola makan sesuai saran dari dokter.

Jenis Operasi Bypass Lambung sebagai Cara Mengecilkan Perut

Pada umunya terdapat 3 jenis operasibypass lambung - cara menurunkan mengecilkan perut dan menurunkan berat badan dengann sangat cepat serta ekstrim:
cara mengecilkan perut buncit -bypass lambung

1. Roux-en-Y Gastric Bypass (RYGBP)

RYGBP merupakan salah satu prosedur bypass lambung yang paling banyak digunakan karena tidak terlalu rumit. Pada operasi RYGBP
  • Pada lambung bagian atas akan dijahit agar terbentuklah lambung baru yang berbentuk kecil. Lambung baru yang kecil akan memberikan perasaan cepat kenyang dan hanya bisa mengkonsumsi makanan dalam jumlah kecil.
  • Usus kecil dibagi menjadi dua bagian, bagian bawah usus kecil (Jejunum) akan ditarik dan dihubungkan langsung dengan lambung baru. Ujung usus bagian atas kemudian akan ditarik dan dijahit ke salah satu bagian  bawah usus kecil.
Dengan penghubungan usus kecil bagian bawah dengan lambung baru maka usu bagian atas dan lambung lama tidak akan dilewati oleh makanan namun tetap akan terus mengeluarkan caira pencernaan dimana cairan ini akan mengalir dari ujung usus atas ke usus bagian bawah. Dengan cara ini, tubuh masih bisa menyerap nutrisi dengan baik walaupun tidak bisa sebanyak sebelum lambung di operasi.

2. Biliopancreatic Diversion (BPD)

BPD adalah operasi bypass lambung yang lebih sulit dari RYGBP. Prosedur operasi ini adalah membagi lambung menjadi 2 bagian yaitu bagian atas dan bawah. Bagian lambung bawah kemudian dibuang. Bagian lambung yang tersisa kemudian langsung ke ujung usus kecil (Jejunum).  Dengan pemotongan lambung dan dihubungkan langsung ke ujung usus kecil dapat menyebabkan nutrisi yang masuk kedalam tubuh terbuang sia-sia karena usus dan lambung yang tinggal dikit (secuil) tidak bisa memprosesnya dengan baik.

Jadi bisa dibilang operasi yang sangat exterim sehingga cara ini tidak disarankan sebagai salah satu cara mengecilkan perut dan menurunkan berat badan karena resiko dari operasi ini adalah tubuh kekurangan nutrisi.

3. Biliopancreatic Diversion - Saklar Duodenum (BPD - DS)

BPD – DS merupakan operasi dengan prosedur yang hampir sama dengan BPD namun tidak seekstrim BPD. Prosedur operasi BPD – DS masih menyisahkan beberapa bagian lambung seperti lambung bagian atas, bagian lambung yang memiliki katup untuk mengontrol arus makanan ke usus kecil. Dengan menyisahkan katup lambung, sindorm “Dumping” yang menyebabkan muntah dan diare bisa dihindari.

Ingin menggunakan cara mengecilkan perut dan menurunkanan berat badan secara instan ini, Anda perlu memikirkan keputusan Anda dengan matang karena prosedur ini tidak akan bisa di undo. Sebelum buru-buru memutuskan untuk menggunakan operasi bypass lambung, mungkin Anda bisa terlebih dahulu mencoba cara mengecilkan perut buncit yang sehat.

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar