Cara Menurunkan Demam Anak

Diposting oleh xexe on Senin, 18 November 2013

Fever patch plester penurun demam dari Rohto merupakan salah satu fever patch kompres instan yang dapat digunakan oleh Bunda disaat anak sedang terserang deman. Pada saat anak atau buah hati terserang demam, Bunda dan Ayah seharusnya tidak perlu khawatir karena panas tubuh yang naik menandahkan bahwa tubuh anak sedang mencoba bertahan dari serangan bakteri atau virus.

Pada saat bakteri atau virus masuk ke dalam tubuh, tubuh akan mendeteksinya dan mengeluarkan “Warning” kepada seluruh sistem pertahan tubuh dan mengeluarkan perintah untuk menaikan suhu tubuh. Perintah diterima, suhu tubuh naik dan jadilah demam. Biasanya pada saat anak sudah demam, Bunda dan Ayah sudah panik jadi sekarang jangan panik dulu dan perhatikan jenis demam yang diderita buah hati: demam biasa, disertai kejang,  kuduk, diare atau muntah. Bila demam biasa, Bunda dan Ayah perlu tenang. Sedangkan untuk demam yang disertai penyakit lain, mohon dikonsultasi dengan dokter.

Merawat Anak yang Sedang Demam Biasa

Berikut ini beberapa cara menurunkan demam anak secara alami:

Minum Banyak Air Putih

Perbanyak konsumsi air putih. Pastikan setiap bagun, dia diberikan 1 gelas air putih dalam porsi gede. Setidaknya sehari 8-10 gelas untuk memastikan dia tidak dehidrasi. Pada saat demam, anak sangat mudah dehidrasi. Pada saat dehidrasi, pertahanan tubuh semakin menurun.

Selain air putih, jus buah atau sayur segar tanpa pemanis juga bisa menjadi pilihan. Bila anak rewel, pilih saja buah karena buah punya rasa yang biasanya disukai anak dibandingkan dengan sayur. Pilih buah – buah yang dapat meningkatkan antibodi tubuh dan mengadung banyak vitamin C seperti pepaya, jeruk, kiwi, mangga, blewah, jambu biji dan apel.

Kompres Dengan Air Hangat

Banyak orang berpikir, handuk yang digunakan untuk mengkompres dahi anak saat demam adalah handuk yang sudah dicelupkan ke dalam air dingin namun ternyata hal itu salah. Air yang digunakan adalah air hangat. Kenapa air hangat? Agar saat komrpes diletakan di dahi, otak merasakan suhu hangatnya dan mengirimkan sinyal untuk menurunkan suhu tubuh agar tidak terlalu kepanasan.
Jadi gimana cara kompres yang baik? Persiapkan air hangat dan handuk bersih. Celupkan handuk ke air hangat, peras kemudian letakan di atas dahi anak. Ketika handuk udah mulai dingin, ganti dengan yang hangat.

Fever Patch Kompres Instan

fever patch kompres instan
Selain menggunakan kompres biasa, Bunda dan Ayah juga bisa memilih menggunakan kompres instan seperti Fever Patch dari Rohto atau merek lainnya. Kompres instan sangat mudah digunakan, Bunda dan Ayah hanya perlu membuka bungkusan dan menggunakan kompres instan langsung ke dahi anak tanpa perlu menunggu air mendidih untuk mendapatkan air hangat.

Asupan Nutrisi

Selain air jus dan air putih, tentu makanan yang mengandung nutrisi akan semakin cepat membantu proses penyembuhan buah hati. Sangat disarankan Bunda dan Ayah tidak memberikan makanan yang mengandung minyak terlebih dahulu.

Istirahat yang Cukup

Tubuh yang sedang berusaha melawan bakteri atau virus, membuat tubuh terasa lemah. Biarkan anak istirahat dengan nyaman, agar tubuh bisa fokus mempertahankan diri sehingga anak lebih cepat sembuh. Tidak disarankan memakaikan anak baju tebal atau berlapis saat dia tidur dan menggunakan selimut tebal karena itu hanya akan membuat anak semakin tidak nyaman untuk beristirahat karena gerah.

Nah, selesai deh tips merawat anak yang sedang demam biasa. Ingat, Bunda dan Ayah tidak perlu khawatir ketika anak mengalami demam biasa. Cuma perlu diingat bila demam yang diderita anak disertai kejang, muntah atau diare; hubungi dokter anak ya. –hm- 

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar