Memilih Cara Mengecilkan Perut Buncit yang Sehat

Diposting oleh xexe on Rabu, 08 Januari 2014

Cara mengecilkan perut buncit; perut buncit adalah permasalah yang umum dihadapi setiap orang. Semakin bertambahnya umur, proses metabolism tubuh akan semakin lambat sehingga ukuran lingkar perut akan semakin membesar. Jadi tidak heran bila perut buncit banyak ditemukan pada orang berumur. Selain faktor umur, perut buncit bisa terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat.

Cara mengecilkan perut buncit
Gaya hidup yang tidak sehat seperti mengkonsumsi junk food, bergadang, kurang berolahraga / mengerakan tubuh ternyata menjadi salah satu pemicu munculnya perut buncit. Ada banyak cara untuk mengecilkan perut buncit seperti krim, obat, operasi, korset dan diet. Dari semua cara yang ditawarkan, cara diet merupakan cara yang banyak digunakan karena aman, hasilnya pasti dan biayanya murah.

Diet merupakan pilihan yang lebih aman bila dibandingkan dengan cara lainnya. Namun perlu dilihat dulu cara diet yang dijalanin. Hingga saat ini sudah banyak cara diet yang beredar seperti diet OCD, diet golongan darah, diet mengurangi makanan, diet serat, diet karbohidrat dan lainnya. Semakin banyak cara diet yang ditawarkan, Anda harus semakin pintar memilihnya.

Tips Memilih Cara Mengecilkan Perut Buncit yang Tepat dan Sehat

Untuk memudahkan Anda memilih cara mengecilkan perut buncit yang sehat dan tepat untuk Anda, berikut ini beberapa tipsnya:

Diet dengan Puasa atau Tidak

Saran pertama adalah “Jangan pernah memilih diet yang bisa merusak tubuh”. Bila Anda berpikir puasa bisa merusak tubuh, sebenarnya pemikiran itu tidaklah salah dan tidaklah benar. Kemampuan berpuasa disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi tubuh. Ingat, tidak semua orang memiliki tubuh yang mampu berpuasa dan beraktifitas seperti biasanya. Bila tubuh Anda sanggup maka Anda bisa memilih puasa. Ada hal yang perlu diingat saat buka puasa, dilarang langsung mengkonsumsi makanan dalam porsi banyak karena akan menganggu sistem pencernaan Anda.

Bila tubuh tidak mampu puasa, jangan dipaksakan. Pilihlah cara lain yang cocok seperti membagi makanan menjadi 5 porsi yang disantap pada waktu yang berbeda. Jadi 3 kali porsi makan dibagi menjadi 5 kali porsi makan dengan karbohidrat dikurangi serta sayur dan lauk pauk diperbanyak. Konsumsilah makanan yang membantu mengecilkan perut.

Konsumsi Buah Dalam Jumlah Banyak atau Tidak

Serat penting untuk mempelancar sistem pencernaan. Selain itu serat mengandung lemak yang sedikit sehingga resiko pengemukan diminimalis. Selain sayur, buah merupakan sumber serat. Namun perlu diingat, buah juga mengandung gula selain serat. Gula di dalam buah merupakan salah satu faktor kenapa rasa buah bisa manis.

Gula merupakan salah satu pemicu semakin menumpuknya lemak di dalam tubuh. Buah boleh dikonsumsi karena mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh namun tidak boleh terlalu banyak karena kadungan gula di dalamnya. Jadi hindari cara diet yang menyarankan mengkonsumsi buah dalam porsi banyak. Perlu diingat bahwa buah tidak dilarang, agar konsumsi tidak terlalu over, gunakan buah sebagai cemilan sehat atau penganti makan malam dalam porsi yang wajar.

Olahraga atau Tidak

Pilihlah cara diet yang menyarakan Anda berolahraga. Olahraga membantu pembakaran lemak lebih cepat. Bila Anda sibuk, Anda bisa melakukan olahraga ringan di hari sabtu atau minggu. Contoh olahraga ringan yang bisa dilakukan adalah senam, aerobik, bersepeda, lari pagi, berenang dan yoga. Agar efektif, waktu olahraga diperpanjang jadi walaupun hanya sehari tetap bisa menjaga kebugaran tubuh.  Namun ingat, jangan sampai kecapean.

Mengubah Kebiasaan / Gaya Hidup

Diet yang patuh dipilih adalah diet menyarankan Anda mengubah kebiasaan lama dengan kebiasaan baru yang lebih sehat. Tentu saja kebiasaan yang perlu diubah adalah kebiasan buruk yang bisa meningkatkan resiko perut buncit.

Jangan sembarangan memilih, pelajari dulu cara diet tersebut dan putuskan cara mengecilkan perut buncit yang sehat dan aman untuk Anda. Setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda, jangan memaksakan diri namun carilah cara yang pas untuk tubuh Anda. –hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar