Mengecilkan Perut Dengan Sehat

Diposting oleh xexe on Senin, 05 Oktober 2015

Perut buncit seringkali menjadi keluhan yang disuarakan baik pria maupun wanita. Bukan hanya kurang enak untuk dilihat, perut buncit dapat mengakibatkan masalah-masalah kesehatan seperti diabetes dan penyakit jantung. Salah satu biang kerok dari perut buncit dan masalah yang diakibatkan olehnya adalah lemak yang bernama visceral fat. Lemak ini juga memompa hormon stres seperti kortisol dan bahan inflamatori bernama cytokines, yang mempengaruhi produksi insulin dan meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Karena alasan-alasan ini, tak heran banyak orang yang mencari cara mengecilkan perut demi alasan kosmetik maupun kesehatan.

Berikut ada beberapa tips yang bisa dicoba agar perut buncit hanyalah kenangan masa lalu:
hidup sehat
  • Sering-seringlah berolahraga. Lemak visceral sangat mudah dihilangkan dengan aktivitas aerobik. Lakukanlah olahraga apapun yang meningkatkan detak jantung, mulai dari lari, renang, hingga bersepeda. Sebuah studi menunjukkan cara paling efektif untuk menghilangkan lemak visceral adalah jogging sejauh 12 mil per minggu.
  • Tingkatkanlah asupan protein, karena semakin tubuh kita menua, tubuh kita akan semakin banyak memproduksi insulin. Insulin meningkatkan kemampuan kita untuk menyimpan lemak, terutama di area perut, dan pola makan yang kaya protein akan melindungi kita dari resistensi insulin.
  • Menurut studi, lemak jenuh akan menambah lemak visceral kita lebih banyak dibandingkan lemak polyunsaturated. Oleh karena itu, pilihlah makanan yang kaya lemak polyunsaturated seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan.
  • Selain olahraga aerobik, olahraga relaksasi seperti yoga dapat membantu mengurangi jumlah kortisol, yang seperti sudah disebut di atas terkait dengan buncitnya perut.
  • Usahakanlah untuk tidur setidaknya 8 jam sehari, karena tidur kurang dari 5 jam akan membuat lemak visceral kita bertambah.
  • Walaupun begitu, usahakanlah juga untuk tidak tidur hingga siang di akhir minggu. Mereka yang tidur dan bangun pada jam yang sama setiap harinya memiliki lemak tubuh lebih sedikit.
Walaupun tips-tips di atas terdengar sangat sederhana, tetap butuh niat yang kuat agar perut buncit bisa dihilangkan. Kita harus tetap memiliki motivasi untuk mengecilkan agar selalu konsisten hingga perjuangan mengecilkan perut sukses. (Dana)

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar