Masalah yang Sering Terjadi Pada Pengiriman Express

Diposting oleh xexe on Senin, 10 November 2014

Pengiriman Express
Sesuai dengan namanya Pengiriman Express merupakan jasa pengiriman barang yang dengan waktu yang relatif cepat. Biasanya pengiriman ini bisa sampai dihari yang sama atau hanya berjarak satu hari sampai (besok hari sudah sampai). Barang yang biasanya dikirimkan dengan layanan jenis ini adalah barang yang sifatnya tidak tahan lama (seperti makanan), barang penting yang akan segera dibutuhkan (seperti dokumen bisnis) atau barang berharga (seperti handphone atau surat berharga).

Jasa pengiriman express ini memiliki tarif yang jauh lebih tinggi di bandingkan dengan pengiriman normal, karena memang membutuhkan biaya akomodasi yang jauh lebih besar. Karena itulah, orang yang menggunakan jasa pengiriman ini hanyalah orang-orang tertentu yang memang membutuhkan barang tersebut untuk segera sampai ke tangan penerimanya. Namun terkadang hal yang terjadi dilapangan tidak sesuai dengan teorinya. Berbagai masalah terkadang muncul berkaitan dengan proses pengirimannya, antara lain:

Barang sampai terlambat
Keterlambatan barang sampai ketangan penerima berkaitan dengan profesionalisme dari pihak penyedia jasa (perusahaan logistik) serta ketelitian dari customer (pengirim barang). Ketika penyedia jasa sudah siap melayani pengiriman express, maka seharusnya mereka bertanggung jawab dengan menjamin barang tersebut sampai tepat pada waktunya.

Namun ada saatnya ketika perusahaan logistik sudah berusaha mengirimkan barang tepat pada waktunya namun alamat yang tertulis kurang lengkap. Hal ini akan menyulitkan kurir dalam mengirim barang, terlebih seringkali pengirim barang tidak mencantumkan nomer telpon pengirim dan penerima dalam barang yang dikirim tersebut. Hal ini akan menghambat pengiriman barang dan bahkan bisa menyebabkan barang diretur atau dikembalikan pada pengirim.

Barang mengalami kerusakan
Selama proses pengiriman, tidak menutup kemungkinan suatu barang mengalami kerusakan. Karena itulah pengirim barang harus menyimpan dan membungkus barang yang dikirimnya seaman mungkin agar terhindar dari kerusakan. Terutama jika barang yang dikirim adalah barang elektronik, makanan atau yang berbentuk cairan.

Barang hilang saat proses pengiriman

Hal ini sering terjadi jika alamat yang dikirim kurang lengkap sementara pengirim tidak mencantumkan nomer telpon pengirim maupun penerima pada barang tersebut. Pada saat proses retur barang berpotensi untuk hilang saat proses pengiriman.

Sangat disarankan tahu cara mengirim barang ke luar negeri yang baik. (Yv)

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar