Cara Mudah Menghemat Biaya Pemanas Air

Diposkan oleh Heni Minata on Kamis, 06 November 2014

pemanas air
Pemanas air sangat berguna bila Anda tinggal di daerah yang dingin atau sering mandi pada malam hari. Mandi air panas juga bisa menjadi jadi suatu kenikmatan saat Anda lelah setelah bekerja seharian. Sayangnya, Kehangatan mandi yang Anda dapatkan ini harus dibayar mahal setiap bulannya. Apalagi, water heater yang menggunakan energi listrik biasanya menggunakan tenaga listrik yang tidak sedikit.

Biaya listrik yang digunakan untuk pemanas air ini pun tidak murah, terutama bila sering-sering digunakan. Meski begitu masih ada, kok, cara mudah untuk menghemat biaya listrik dari penggunaan water heater ini. Apa saja itu?

Beli pemanas air yang hemat energi
Anda bisa mengetahui apakah satu pemanas air menggunakan sistem yang hemat energi atau tidak dengan melihat stiker energy star, yakni logo dengan tulisan energy dengan gambar bintang di belakangnya. Stiker ini menandakan bahwa barang elektronik tersebut, dalam hal ini water heater tadi menggunakan sistem yang hemat energi.

Ganti pemanas air
Bila Anda sudah terlanjur memiliki water heater yang ternyata mengonsumsi energi terlalu besar, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengganti water heater  dengan yang lebih hemat energi. Ada dua pilihan, yakni dengan menggunakan water heater listrik yang hemat energi atau menggunakan solar water heater alias water heater tenaga matahari. Karena menggunakan tenaga matahari, pemanas jenis ini tentu akan sangat sedikit menggunakan listrik. Meski harganya agak mahal di awal, namun biaya operasional bisa dibilang tidak ada selama pemakaian.

Jangan sering-sering digunakan
Ya, ini memang cara yang paling mudah dan murah dibandingkan harus mengganti dan membeli pemanas yang baru. Bila hari tidak terlalu dingin atau Anda sedang tidak merasa enak badan sebaiknya ganti air hangat dengan air dingin. Apalagi, mandi air dingin pun memiliki keuntungan yang banyak dan baik bagi tubuh.

Bersihkan water heater
Debu dan kotoran yang menumpuk pada mesin pemanas bisa membuat kerja pemanas menjadi lebih berat dan akhirnya membuat mesin menggunakan energi listrik yang lebih besar. Bersihkanlah mesin pemanas secara berkala misalnya setiap satu tahun sekali untuk menghindari hal ini.

Semoga tips tadi bisa membantu Anda menghemat biaya listrik selama pemakaian pemanas air Anda. (raw)

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Poskan Komentar