Gimana Cara Mengirim Barang Ke Luar Negeri?

Diposting oleh xexe on Selasa, 28 Oktober 2014

Punya keluarga di luar negeri? Ingin melakukan pengiriman barang internasional untuk mereka? Sebenarnya sekarang cukup mudah karena sudah banyak jasa pengiriman barang internasional seperti TNT dan DHL. Selain itu kita bisa menggunakan jasa Pos Indonesia. Nah, sudah banyak sarana yang disediahkan, kita tinggal memilih jasa pengiriman barang yang menawarkan jasa pengiriman ke tujuan yang kita inginkan.

Dalam melakukan pengiriman internasional beberapa hal harus diperhatikan, klo tidak, bisa-bisa pengiriman yang kita lakukan bisa saja gagal mencapai penerima yang ingin kita tuju. Berikut ini beberapa hal tersebut:

Baca Peraturan
pengiriman barang luar negeri
  • Beberapa jasa pengiriman barang memiliki peraturan yang cukup berbeda sehingga hal pertama setelah memilih jasa pengiriman adalah mengecek peraturannya. Contoh peraturan yang perlu diperhatikan adalah
  • Beberapa jasa pengiriman seperti Pos Indonesia memiliki peraturan untuk barang lebih dari 100 kg wajib membuat dokumen Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB)
  • Apakah barang yang kita kirim dapat dibuatkan PEB-nya oleh jasa pengiriman atau tidak? Karena beberapa barang kiriman dapat dibuatkan PEB dengan syarat jasa pengiriman yang kita pilih berstatus sebagai Pengusaha Pengurusan Jasa Titipan (PPJK).
  • Jenis barang apa saja yang tidak akan diterima oleh jasa pengiriman. Perusahan jasa pengiriman memiliki daftar barang yang dilarang untuk dikirimkan ke luar negeri, dan hal ini biasanya tertuang dalam syarat dan ketentuan pengiriman. Ingat, jangan sampai kita mengirimkan barang yang illegal, nanti bakal jadi runyam.
Saat Membungkus
  • Pada saat membungkus, pastikan barang aman. Untuk barang yang rentan pecah atau rusak, gunakan bubble warp baru masukan ke dalam kotak. Pastikan tidak ada ruang kosong yang memungkin barang terbanting di dalam.
  • Bungkus dengan rapi kalau bisa bungkus dengan kertas cokelat.
  • Tempelkan kertas yang berisikan alamat pada permukaan. Pastikan alamat sudah tertulis dengan benar. Seandainya ada patokan, kita bisa memberikan note di bagian bawah kertas.
  • Setelah kertas alamat terpasang dengan baik, bungkus dengan plastik atau lem dengan solatip besar bening agar kertas alamat dan kiriman aman dari air.
Harga
  • Kemudian cek harga untuk barang yang kita kirim. Beberapa jasa pengiriman menggunakan rumus berat atau volume (P x L x T). Kita bisa mengecek langsung dengan menghubungi CS jasa pengiriman atau mengeceknya sendiri di web mereka.


Semoga artikel info pengiriman barang internasional ini membantu. –Hen-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar