Selektif Dalam Memilih Mainan Anak

Diposting oleh xexe on Senin, 10 Februari 2014

Bermain bukan sekedar untuk bersenang-senang. Pada masa pertumbuhan mainan anak membantu memberikan stimulasi untuk pekembangan panca indera, mental dan otak buah hati. Jadi  bisa dibilang mainan membantu mempersiapkan anak  agar tidak mengalami kesulitan belajar di kemudian hari pada saat dia sudah mulai bersekolah.

Sekarang semakin banyak mainan yang beredar di pasaran, sebagai orang tua, Anda harus pandai dan selektif dalam memilih mainan. Perlu diingatkan bahwa tidak semua mainan aman dan mendidik buat Anak. Anak tidak bisa memilih yang terbaik karena mereka belum ngerti, mereka hanya memilih berdasar ketertarikan mereka. Anda selaku orang tua yang harus membantu mereka dengan memilih mainan yang aman dan dapat membantu perkembangan mereka.

Tips Memilih Mainan Anak yang Aman dan Mendidik Dengan Selektif

Berikut ini beberapa tips untuk Anda:
  • Jangan pernah memilih mainan anak yang lengket terutama untuk anak di bawah umur 5 tahun. Mereka akan merasa tidak nyaman karena mainan tersebut melekat pada tangan.
  • Pilih mainan yang berukuran lebih besar dari mulut anak Anda agar mereka tidak bisa memasukannya ke dalam mulut. Contoh mainan yang perlu dihindari adalah mainan dengan bentuk gepeng dan bulat dengan diameternya di bawah 20 cm seperti koin, bola-bola kecil dan lainnya.
  • Jangan pernah memilih mainan boneka, figure atau jenis mainan lain dengan lebar dan tinggi kurang dari 20 cm. Hal ini untuk menghindari mainan tertelan oleh anak.
  • Jangan memilih mainan dengan ukuran yang lebih besar dan lebih berat daripada anak. Ini untuk menghindari mainan tersebut jatuh dan menimpak anak.
  • Pilih mainan yang berwarna cerah untuk meningkatkan minat anak serta menstimulasi daya penglihatnya.
  • Carilah buku cerita anak yang berstektur setiap halamannya, mengeluarkan bunyi dan berwarna cerah. Kebanyakan buku cerita bisa ditemukan di toko perlengkapan bayi yang menjual barang dari luar negeri. Cerita di dalamnya masih dalam Bahasa inggris tapi tidak ada salahnya membeli 1-2 untuk menjadi bahan bacaan bagi anak.
  • Pastikanan mainan yang Anda beli tidak beracun. Cek apakah perwarna yang digunakan untuk mewarnai mainan tersebut aman untuk anak atau tidak. Cara mengeceknya dengan melihat label mainan. Di label mainan, biasanya tertera bahan dasar yang digunakan untuk membuat mainan tersebut.
  • Baca label mainan dengan teliti karena selain berisikan keterangan bahan yang digunakan, di situ juga tertulis informasi mengenai umur anak. Umur anak pada label tersebut menunjukan tikat usia anak yang direkomendasikan memainakan mainan tersebut.
  • Pilih mainan yang bisa membantu perkembangan anak. Pilih mainan yang membutuhkan usaha anak  baik secara gerakan dan imajinasi seperti memasukan balok ke kotak, lego, buku cerita berstektur dan lainnya. Untuk ngampangnya coba cek toko ELC yang merupakan toko mainan anak yang menjual maianan yang khusus membantu perkembangan anak.
Semoga tips memilih mainan di atas membantu. Jangan takut memilih mainan anak bagi buah hati Anda. –hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar