Memilih Air Purifier Untuk Rumah Anda

Diposting oleh xexe on Selasa, 11 Februari 2014

Air purifier menjadi alat pembersih udara yang paling banyak digunakan oleh keluarga karena perangkat elektronik ini mampu menyediahkan udara bersih. Kenapa air purfier penting? polusi udara semakin parah karena semakin banyakanya pembuangan limbah udara dari pabrik dan knalpot kendaraan. Biarpun diluar rumah, udara sangat kotor; setidaknya udara di dalam rumah aman untuk dihirup. Perlu Anda tahu bahwa udara kotor dapat mengganggu sistem pernafasan Anda dan keluarga.

Tips Memilih Alat Air Purifier

Jenis Air Purifier

Tentukan terlebih dahulu jenis perlindungan yang Anda inginkan. Apakah Anda ingin jenis perlindungan alergi atau penyaring asap ? Untuk memudahkan pemilihan, Anda harus tahu kebutuhan keluarga dan Anda. Pada umumnya ada 3 jenis alat pembersih udara yang beredar di pasaran:
air purifier
  • HEPA adalah jenis pembersih udara dengan sistem seperti vakum (perangkap debu). HEPA dapat menangkap semua partikel debu biarpun ukurannya sangat kecil. HEPA merupakan pembersih udara yang banyak digunakan untuk ruangan operasi dan ruang ICU.
  • Plasmacluster merupakan alat pembersih udara yang menghasilkan radikal OH dan melepaskannya ke udara. Radikal OH sangat efektif dalam membunuh organisme bersel tunggal seperti kuman. Untunglah manusia bukan makhluk bersel tunggal walaupun harus tetap berhati–hati.
  • Ozone adalah alat pembersih udara yang menghasilkan ozon untuk membunuh kuman dan udara. Alat pembersih udara dengan sistem Ozone ini sangat disarankan untuk tidak digunakan. US EPA dan Singapore’s National Environmental Agency mengeluarkan pernyataan bahwa sistem Ozone ini berbahaya sehingga tidak disarankan untuk digunakan dirumah.
  • Carbon Filter merupakan alat permbersih udara yang menggunakan sistem prefilter. Jenis ini dapat dengan cepat menghilangkan bau. Anda perlu memperhatikan ketebalan dan ukuran filter karena versi carbon filter yang tipis serta jarang sangat kurang efektif dalam menyaring udara.
  • Ionizer sebenarnya tidak memiliki fungsi membersihkan udara, jenis ini bekerja dengan melepaskan ion negative yang bermanfaat bagi kesehatan. Biasanya sistem ini digabungkan dengan sistem lain.
  • UV Light generator merupakan alat pembersih udara dengan sistem cahaya UV. Cahaya UV yang dikeluarkan dapat membunuh kuman. Namun jenis ini tidak memiliki fungsi membersihkan partikel debu dan bau. Selain itu, sistem ini tidak dilengkapi pembersih sisa-sisa kuman, jamur atau serbuk sari yang mati terbunuh karena cahaya UV sehingga udara akan kembali kotor dengan cepat.

Kapasitas Alat Pembersih Udara

Anda perlu memperhatikan seberapa besar ruangan yang bisa diberikan alat air purifier yang Anda pilih. Pastikan Anda memilih alat pembersih udara dengan kemampuan untuk membersihkan udara di ruangan yang lebih besar daripada ruangan rumah Anda. Contoh: jika Anda ingin membersihkan udara di ruangan 5 x 5 maka Anda perlu membeli alat pembersih udara yang mampu membersihkan udara untuk ruangan 10 x 10. Hal ini dilakukan agar udara lebih cepat dibersihkan.

Pilih yang Memiliki Alat Filter

Pastikan bahwa alat pembersih udara yang Anda beli memiliki fiter. Jika tidak ada berarti alat tersebut tidak dapat membersihkan udara dengan baik. Dan Anda perlu mengecek apakah alat yang akan Anda beli memiliki pre-filter yang bisa meningkatkan efesiensi kinerja sistem penyaring udara.

Harga dan Pengeluaran Perbulan

Ukuran dan sistem kerja menentukan harga dan biaya listrik perbulannya. Pastikan harga beli dan biaya listrik perbulannya sesuai dengan budget yang sudah Anda tentukan.


Semoga tips memilih alat purifier membantu Anda.  Pilihlah Air Purifier Dengan Sistem Terbaik Untuk Keluarga Tercinta. –hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar