Memilih Kompor Yang Tepat

Diposting oleh xexe on Kamis, 31 Oktober 2013

Kompor adalah alat masak yang penting dan pasti dapat ditemukan di setiap dapur. Tipe – tipe kompor yang bisa ditemukan di dapur adalah kompor tradisional (menggunakan kayu bakar), kompor minyak, kompor gas atau kompor listrik.  Dari semua tipe kompor yang bisa ditemukan di dapur adalah kompor listrik adalah kompor dengan teknologi terbaru dan tercanggih untuk saa ini.

Tips Memilih Kompor Untuk Rumah

Memilih kompor yang tepat baik untuk rumah baru atau hanya untuk menggantikan kompor lama, tidak ada salahnya sebelumnya membaca beberapa info yang bisa menjadi bahan pertimbangan:

Jenis Kompor

Tetapkan jenis kompor apa yang ingin dibeli. Beberapa jenis kompor yang ada di pasar saat ini adalah:
  • Kompor portable =>kompor ini sangat mudah dipasang dan dibokar karena bentuknya yang kecil dan ringan sehingga bisa dibawa kemana untuk kemping atau travel. Selain kompor portable dengan satu tungku, tersedia juga kompor portable dengan dua tungku. Kompor 2 tungku tidak sefleksibel kompor 1 tungku yang bisa dibawa kemana –mana karena ukurannya memang lebih panjang.
  • Kompor Built in atau tanam => kompor ini langsung tertanam dengan counter / meja sehingga penampilan yang lebih rapi. Jenis kompor ini memiliki jumlah tungku 2 – 4 dengan kapasitas kekuatan api yang berbeda.
  • Kompor Freestanding / berdiri =>  kompor jenis bisa mengerjakan lebih banyak hal daripada jenis kompor lain. Kompor jenis ini bisa memanggang kue, daging dan lainnya karena kompor ini selain memiliki 4 tungku juga memiliki ruangan pemanggangan. Beberapa kompor Freestanding sudah dilengkapi cerobong khusus.

Kompor Listrik atau Gas

kompor listrik
Pastinya sudah tahu perbedaan kompor listrik dan gas. Perbedaan yang mencolok adalah sumber energi dan pengeluaran untuk biaya (untuk listrik atau gas). Untuk memutuskan kompor mana yang cocok, pertimbangkan masakan apa yang sering dilakukan:
  • Kompor listrik merupakan kompor yang cocok untuk memanggang kue karena pengaturan temperature ovennya lebih gampang.
  • Untuk proses membakar, merebus dan menggoreng (masak); cocoknya menggunakan kompor gas karena kontrol besar kecilnya api lebih gampang.

Ukuran dan Harga

Setelah memutuskan jenis kompor serta sumber tenaga yang akan digunakan, saatnya mencari informasi merek serta harga. Carilah merek yang bagus dan harganya sesuai dengan kantong. Sesudah memiliki daftar merek kompor dan harga yang diincar, saatnya mengunjungi toko – toko peralatan rumah tangga untuk mengecek ukurannya. Setiap kompor memiliki ukuran yang berbeda – beda, pastikan ukuran kompor memang sesuai dengan ruang yang telah disediahkan.

Ingat dalam mempertimbangkan pembelian kompor, perhatikan: jenis kompor, kompor listrik / gas, ukuran dan harganya. Pikirkan dan konsultasikan dengan pasangan agar tidak menyesal nantinya. –hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar