Memilih Pakaian Dalam Untuk Ibu Hamil

Diposkan oleh Heni Minata on Selasa, 20 Agustus 2013

Pada saat hamil, tubuh mengalami berbagai perubahan yang membuat kita tidak mau harus membeli baju hamil atau biasa yang lebih lebar dan longgar agar nyaman serta tidak menganggu kesehatan dan pertumbuhan janin bayi. Selain pakaian atau baju atasan dan bawahan, hal yang juga tidak boleh kita lupankan adalah memilih pakaian dalam untuk ibu hamil.

Dengan adanya perubahan pada bentuk tubuh saat kehamilan, membuat kita sebagai para calon ibu untuk mencari baju dan pakaian dalam yang nyaman. Mencari baju dalaman untuk ibu hamil itu bisa mudah atau tidak tergantung pada diri kita sendiri. Sebagai langkah awalnya, berikut beberapa tips yang bisa digunakan untuk memilih pakaian dalam yang tepat:

BH atau Bra
baju hamil
  • Pada usia kehamilan lebih dari 20 minggu (5 bulan ke atas), saatbya memilih BH atau bra yang baru karena payudara akan terus membesar dikarenakan asi. Beberapa kasus, usia kehamilan 4 bulan sudah pengalami pembesaran payudara. Yah disesuaikan saja, bila payudara sudah membesar berarti saatnya beli  BH atau bra.
  • Ukuran bra disesuaikan dengan perkembangan payudara. Ingat, jangan menggunakan bra yang kekecilan karena akan menekan syaraf-syaraf dan jaringan yang ada dalam payudara.
  • Sangat disarankan kurangi menggunakan bh berkawat bila merasa tidak nyaman.  
Celana Dalam
  • Bukan hanya BH yang perlu diganti tetapi juga celana dalam. Hal ini dikarenakan bagian perut yang membesar juga mempengaruhi area pinggang ke bawah. Ketika usia kehamilan sudah memasuki 4 bulan (16 minggu), saatnya kita mencari celana dalam yang lebih besar atau membeli celana dalam khusus untuk ibu hamil.
  • Untuk celana dalam, pastikan pilih yang berbahan kantun agar bisa menyerap keringat dan adanya aliran udara.
  • Kalau bisa pilih celanan dalam yang mmembantu menopang perut. Bila pilih tipe celana dalam grandma atau bikini- pastikan celana dalam terus bisa menompang dan tidak menekan perut.
Penyangga Perut
  • Penyangga perut merupakan aksesoris tambahan buat ibu hamil. Penyangga perut diperlukan atau tidak sesuai dengan kondisi sang ibu. Biasanya dipakai setelah memasuki usia kehamilan 5 bulan. Seperti namanya, penyangga perut ini membantu agar ibu mudah bergerak karena perutnya jadi lebih ringan.
  • Pilih penyangga yang cocok dengan bahan yang tidak menekan area perut.
  • Kalau bisa pilihlah penyangga yang bisa di adjust ukurannya agar bisa terus digunakan hingga melahirkan.
Stocking Khusus
  • Sekarang sudah hadir stocking – stocking khusus yang diciptakan untuk ibu hamil. Fungsi stocking tersebut adalah meminimalisir munculnya varises. Pilih bahan yang nyaman dan sudah terbukti.
Jadi singkat kata, menyediahkan baju hamil aja tidak cukup; kita harus menyiapkan lainnya. Tentu persiapan ini bukan dilakukan pada awal kehamilan karena kita tidak tahu pertumbuhan ukuran tubuh kita kecuali sudah memasuki minimal usia kehamilan 4 bulan. –hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Poskan Komentar