Bersihkan Endapan di Tangki Water Heater

Diposting oleh Heni Minata on Jumat, 16 Agustus 2013

Pemanas air dulu hanya digunakan oleh kelas-kelas hotel dan rumah mewah, namun dengan perkembangan zaman dimana ekonomi semakin membaik dan teknologi semakin maju; sekarang water heater sudah dapat ditemukana di rumah – rumah penduduk. Water heater pada umumnya terbagi menjadi dua (2) yaitu
  • Water heater tanpa tangki berarti air akan dipanaskan hanya pas pengguna membutuhkannya karena mesin pemanas air ini tidak memiliki tangki untuk menyimpanan air yang sudah dipanaskan. Jadi kita perlu menunggu beberapa menit baru air panasnya keluar.
  • Water heater dengan tangki penyimpanan di mana air yang sudah dipanaskan mesin akan disimpan ke dalam tangki. Air yang ada di dalam tangki kemudian dialirkan kepada para penggunanya ketika mereka membuka kerang air panas. Pada water heater yang bertangki, biasanya ada endapan-endapan yang dapat membuat air menjadi bau sehingga kita harus membersihkannya.

Membersikan Endapan pada Tangki Pemanas Air

pemanas air
Untuk membersihkan endapan pada tangki, kita bisa meminta jasa professional atau melakukannya sendiri. Bila ingin melakukannya sendiri, kita harus yakin dan memang bisa menanggalkan tangki serta dapat memasangnya kembali. Berikut ini tahap – tahap umum yang harus dilalui ketika membersihkan endapan pada tangki wakter heater:
  • Matikan terlebih dahulu sumber energi ke water heater. Alias cabut kabelnya dulu, matikan listrik / gas/ sabungan ke panel surya. Tidak ada orang yang mau kesetrum saat bersih – bersih.
  • Kuras air panas yang ada di dalam tangki dengan membuka kerang air panas. Agar air tidak terbuang, buka kerang yang di bathtup agar bisa digunakan lagi. Atau buka kerang di westafel untuk membuang semua air.
  • Biasanya tangki membutuhkan waktu 10 – 25 menit untuk benar-benar habis. Ketika tidak ada air panas lagi yang keluar dari kerang, goncang-goncang tangki untuk melihat apakah masih ada air panasnya atau tidak. Air panas sudah tidak keluar dari kerang, tidak berarti air pada tangki sudah terkuras hingga habis. Bila ada sisa air panas yang gak bisa dikeluarkan dengan membuka kerang, saatnya membuangnya secara manual.
  • Gunakan selang dan kerang air untuk memasukan air dingin ke dalam tangki sambil terus mengoncang tangki agar endapannya bisa bersih. Saat memasukan air dingin, kerang pembuangan harus terus dibuka agar air kotor tidak akan mengedap lagi.
  • jangan lupa matikan kerang pengeluaran air ketika endapan sudah dibersihkan
  • Bila tidak mau, kita bisa mencucinya setelah air panas terkuras habis.
  • Lap kering dan biar kan sebetar baru tutup kembali dengan rapat lalu pasang lagi sumber listriknya.
Untuk amannya, pertama mintalah professional; perhatikan cara kerja mereka dan bila sudah bisa barulah kita mulai membersihkan tangki pemanas air sendiri. 

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar