Penderita Kanker Tetap Bisa Puasa

Diposting oleh xexe on Jumat, 12 Juli 2013

Bagi para penderita kanker yang ingin menjalankan puasa, tetap bisa asalkanya tubuhnya memang sanggup. Agar tidak membahayakan mereka, tentu puasa yang mereka jalani agak berbeda. Apa yang berbeda? Puasa yang mereka jalani memiliki berbagai syarat yang harus dipenuhi.

Menurut Liong Pit Lin yang merupakan salah satu orang yang berhasil mengalahkan sel kanker dan praktisi gaya hidup sehat, penderita tetap bisa menjalankan puasa asalkan metode puasanya disesuaikan dengan kondisi penyakit dan dijalankan dengan baik maka tidak ada masalah. Hal ini diungkapkan oleh Lion pada acara seminar Belajar Pola Hidup Sehat Untuk Perangi Kanker yang diadakan di Rumah Anyo, Jakarta. Seminar ini dilaksankan pada tanggal 11 Juli 2013.

Metode yang disarankan oleh Liong pada artikel info Kompas KankerBukan Halangan Menjalankan Puasa adalah:
  • Batasi asupan makanan, cemilan dan minuman yang manis. Memang biasanya saat buka puasa banyak yang menyarankan memulainya dengan mengkonsumsi makanan manis namun untuk penderita kanker, hal ini harus dihindari. Ingat bahwa sel kanker tumbuh dan berkembang karena adanya gula. Gula merupakan makanan bagi sel kanker sehingga penderita kanker harus menghindari kolak, kue, sirup, nasi putih dan makanan serta minuman yang menggunakan gula atau olahan gula. Sebagai ganti gula, penderita kanker disarankan memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Ingat jangan konsumsi olahan gula.
  • Saat berbuka, disarankan makanan pertama yang dimakan oleh penderita kanker adalah buah. Buah sangat cocok dikonsumsi pada saat perut yang masih kosong. Pada saat perut sedang kosong, penyerapan akan vitamin dan mineral buah lebih maksimal. Jadi sekarang bukan makan buah pas selesai makan tapi sebelum kita makan. Bila bosen dengan buah, bisa diganti dengan salad sayur segar dan sehat.
  • Pada saat sahur, disarankan mengkonsumsi air putih segelas ditambah dengan buah. Lalu konsumsi makanan sehat yang terbuat dari sayur segar, nasi merah, olahan gandum dan oatmeal campur buah.
  • Konsumsi sayur dan buah pada saat dari berbuka sampai sahur harus memiliki total minimal 7 porsi. Ingat penderita kanker membutuhkan berbagai mineral dan vitamin untuk menjaga kondisi tubuh serta menyupport tubuh dalam memerangi sel kanker. Semua mineral dan vitamin bisa didapatkan dalam buah dan sayuran.
  • Untuk jus buah, disarankan hanya menjus buah dengan air putih tanpa menggunakan gula. Ingat penderita kanker sudah tidak boleh mengkonsumsi gula pasir ataupun olahan dari gula pasir.
  • Hindari mengkonsumsi nasi putih serta olahannya karena nasi putih mengandung glukosa alias kandungan gulanya yang tinggi. Dan penderita kanker harus menghindari gula. Ganti nasi putih dengan nasi merah. Nasi merah memang tidak semanis nasi putih karena kandungan glukosa yang dikit namun nasi merah memiliki fiber yang lebih banyak dan membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh.
  • Hindari pengkonsumsian lemak jenuh. Lemak jenuh juga menjadi salah satu pemicu semakin cepatnya berkembangnya sel kanker. Untuk sayur disarankan hanya ditumis bentar  dan lauk jangan digoreng. Untuk lauk direbus, dibuat kuah, dikukus atau dimikrowave.
Semoga artikel info penderita kanker tetap bisa puasa ini membantu. Ingat hindari makanan gula seperti nasi putih, kue dan kolak. Oh iya, cara ini juga bisa digunakan untuk mengcegah sel kanker. Untuk pengcegahannya kurangi setidaknya 2/3 porsi gula yang dikonsumsi seharinya atau tidak mengkonsumsi gula sama sekali. –hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar