Tips Mengecilkan Perut Buncit

Diposkan oleh Heni Minata on Rabu, 13 Maret 2013

Untuk melakukan tips mengecilkan perut buncit yang tepat, kita harus terlebih dahulu mengetahui tentang penyebab – penyebab munculnya perut buncit. Perlu diketahui bahwa masalah perut buncit dapat menyerang siapa saja yang tidak memiliki gaya hidup sehat dan baik. Berikut gaya hidup yang bisa menyebabkan perut buncit:
  • Hanya makan dan tidur dengan aktifitas pembakaran yang sedikit. Ketika makanan masuk kedalam tubuh dan tubuh sedang bergerak (melakukan kegiatan seperti olahraga, membersihkan rumah dan lainnya) maka makanan tersebut akan diubah menjadi energi. Namun olahan makanan tidak dapat digunakan bila kita tidak mengerakkan tubuh dan menyebabkan penumpukan lemak. Kegiatan yang hanya sedikit membutuhkan energi sehingga membuat penumpukan lemak adalah tidur dan duduk. Habit yang biasanya kita kembangkan adalah tidur –tiduran, duduk nonton tv dari 1-6 jam atau kegiatan lainnya.
  • Mengkonsumsi makanan di luar batas. Siapa yang tidak doyang makan? Apalagi kalau makanannya enak. Nah masalahnya adalah tubuh memiliki batas minimum dan maksimum makanan yang boleh dikonsumsi. Terlalu dikit makan bisa jadi kurus ceking dan terlalu banyak bia menyebabkan kegemukan hingga obesitas. Walapun memiliki kapasitas untung mengkonsumsi makanan dalam jumlah banyak, kita perlu tahu kapasitas yang tepat bagi tubuh bukannya seberapa banyak usus dan lambung bisa menerima makanan.
  • Junk food, fast food dan gorengan menjadi menu sehari-hari. Makanan-makanan ini memiliki kandungan lemak yang banyak dan akan membuat kita terlihat bengkak hanya dalam hitungan beberapa bulan. Memang rasa makanan ini sangat enak, tetapi kita harus meminimalisir pengkonsumsiannya. Soalnya pengkonsumsian dalam jangka waktu lama tidak hanya membuat kita gemuk tetapi juga mengakibatkan kita mengalami berbagai ganguaan kesehatan.
  • Tidur yang larut dan tidak teratur. Ini masalah yang banyak dihadapi orang modern sekarang ini. Nonton drama, main game, baca komik dan kerja hingga larut malam membuat kita tidur lebih larut. Hal inilah yang memicu masalah dalam metabolisme tubuh, daya tahan tubuh, kegemukan dan gangguan emosional.

Tips Mengecilkan Perut Buncit Yang Sehat

Tips Mengecilkan Perut Buncit
Tips mengecilkan perut buncit yang akan disarankan ini juga dapat membantu menurunkan berat badan yang berlebihan dengan sehat. Dikarenakan tips mengecilkan perut buncit ini merupakan tips mengubah gaya hidup yang salah menjadi sehat sehingga hasilnya akan memakan waktu yang cukup lama (3 bulan – 1 tahun) namun tips ini tidak akan mengecewakan asalkan kita melakukannya secara teratur, taat serta membuatnya menjadi habit. Berikut tips mengecilkan perut buncit:
  • Mulailah mengatur jam tidur. Biasakan kita sudah siap tidur pada jam Sembilan hingga sepuluh sehingga sebelum jam sebelas, kita sudah tertidur lelap. Matikan komputer dan tutup komik pas jam 9, batasi diri kita sendiri untuk melakukan kegiatan lainnya biarkan tubuh bersiap untuk istirahat.
  • Konsumsi makanan sehat. Hindari makanan junk food, fast food dan gorengan untuk 6 hari dalam seminggu. Hanya pas hari ke-7, kita memperbolehkan diri kita mengkonsumsi makanan tersebut namun tentu jangan banyak-banyak juga. Ingat, ini demi kesehatan.
  • Lakukan olahraga seperti jogging, berjalan, aerobik, bersepeda atau berenang. Bila sibuk, kita bisa menyiasatinya dengan melakukan aktifitas lain seperti membersihkan rumah, merapikan kamar, mencuci baju, atau kegiatan lainnya yang bisa dilakukan selain duduk dan tidur (duduk dan tidur hanya memerlukan sedikit energi). Dengan melakukan aktifitas-aktifitas seperti membersihkan rumah, kita sudah membakar banyak lemak tanpa perlu ke GYM dan rumah menjadi bersih.
  • Kurangi karbohidrat. Karbohidrat seperti nasi putih, kentang atau roti biasa (bukan gandum) dapat meningkatkan lingkarang pinggang alis melebar ke samping. Nah disarankan porsi makanan yang ada di piring adalah ¼ karbohidrat, ¼ lauk dan ½ sayur.
  • Gunakan cemilan sehat. Agar tidak mudah lapar dan agar tidak mengkonsumsi makan dalam porsi besar ketika sarapan, makan siang dan malam; kita bisa menyiasatinya dengan cemilan. Tentu bukan sembarangan cemilan. Cemilan yang disarankan adalah cemilan sehat seperti sebuah apel (pisang atau buah lain), segelas susu atau segenggam kacang (almond, mete, kedelai atau kenari). Cemilan dapat dikonsumsi pada saat jam 10 (cemilan pagi) dan jam 3-4 (cemilan siang).
Semoga artikel kesehatan ini dapat membantu kita dalam kegiatan membakar lemak perut. Kita pasti bisa mengganti gaya hidup yang biasa saja menjadi sehat. Ini demi kesehatan dan masa depan kita sendiri. –hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Poskan Komentar