Makanan Untuk Penderita Kanker Otak

Diposting oleh xexe on Selasa, 04 September 2012

Pengobatan brain tumor and cancer menguras tenaga Anda sedikit demi sedikit sehingga tidak heran bila Anda merasa cepat merasa lelah. Kelelahan yang berkepanjangan sebenarnya tidak baik, apalagi ditambah dengan asupan nutrisi yang salah, bukannya malah membaik; kondisi Anda bisa memburuk. Agar Anda memiliki tenaga yang cukup untuk menjalani setiap pengobatannya, Anda harus memiliki asupan nutrisi yang baik.

Makanan Yang Wajib Bagi Penderita Kanker Dan Tumor Otak

Asupan nutrisi yang baik tidak hanya bisa mengembalikan tenaga saja tetapi juga membantu proses penyembuhan karena nutrisi yang tepat akan membatu meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan kanker serta mengurangi keganasan kanker. Berikut makanan yang baik bagi penderita kanker dan tumor otak:
makan bagi penderita brain tumor and cancer
  • Lemak baik yang bisa ditemukan pada minyak zaitun, biji rami dan ikan  dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus mengurangi peradangan dan pembengkakan. Asam lemak omega 3 dalam dalam mereka juga dapat mengurangi perlawanan tumor terhadap terapi. Selain ke-3 makanan ini, lemak baik juga bisa ditemukan pada alpukat dan kacang -kacangan.
  • Serat merupakan salah satu asupan yang harus terus dikonsumsi oleh penderita brain tumor and cancer. Serat bisa menurunkan tingkat sembelit, kolesterol dan gula darah. Konsumsi serat yang disarankan adalah 4-5 porsi sayur segar  dan 1-2 porsi buah segar. Selain sayur dan buah, serat bisa juga ditemukan di roti gandum dan oatmeal.
  • Vitamin dan mineral tidak kalah penting. Beta-karoten(β-Karoten), selenium, vitamin C dan E merupakan konsumsi yang sangat diperlukan oleh pasien kanker dan tumor otak. Sumber semua ini bisa ditemukan pada bayam, wortel, ubi jalar, ikan dan buah.

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Kanker Dan Tumor Otak

Selain asupan nutrisi yang tepat seperti di atas, Anda harus menghindari beberapa makanan untuk membantu proses pengobatan brain tumor and cancer. Beberapa makanan yang diharus dihindari adalah:
  • Gula dan karbohindrat harus dihindari karena mereka merupakan makanan utama sel kanker. Pada saat pengobatan brain tumor and cancer, sel-sel kanker yang ada di dalam tubuh akan mengkonsumsi 10-15 kali lipat gula. Gula yang dikonsumsi akan menjadi energy para sel kanker yang mempercepat perkembangan mereka.

Sebelum memulai mengkonsumsi makanan yang disarankan di atas, ada baiknya Anda konsultasi terlebih dahulu kepada dokter Anda. Untuk beberapa kasus khusus, Anda mungkin harus menghindari beberapa makanan di atas; entah itu karena alergi atau sel kanker Anda yang agak berbeda jadi jangan lupa bertanya seperti kata pepatah “Malu bertanya, sesat di jalan”. Semoga berguna –hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar