Belanja Secara Online Dengan Aman

Diposting oleh xexe on Selasa, 18 September 2012

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Pitney Bowes Global Ecommerce Solutions, orang yang belanja online sudah mencapai 98% (luar negeri). Tentu nilai ini tidak mengejutkan karena hampir semua orang yang berada di Amerikan dan Inggirs tahu apaitu Amanzo.com, tidak percaya? Coba tanya beberapa orang dari mereka.

Alasan Kegiatan Belanja Online Berkembang

Berikut ini beberapa alasan kenapa online shopping bisa berkembang dengan pesat:
Belanja Secara Online Dengan Aman
  • Jam toko buka biasanya sama dengan jam kerja normal sehingga para pegawai yang berkerja dengan jam normal tidak bisa berkunjung ke toko.
  • Tinggal di tempat yang jauh dari toko.
  • Barang yang ingin dibeli hanya tersedia di toko online.

Dari 3 alasan tersebut bisa terlihat bahwa ada kendala waktu, tempat dan produk. 3 kendala ini yang membuat kita lebih memilih berbelanja secara online. Selain 3 alasan ini mungkin ada alasan pribadi lainnya.
Dikarenakan semakin banyak orang yang memilih untuk membeli barang secara online, semakin tinggi juga kejahatan dalam dunia online. 

Tips Belanja Online Aman

Agar bisa berbelanja dengan aman, berikut ini ada beberapa tips yang dipraktekan:
  • Hanya berbelanja di toko online terkemuka dan sudah tersohor sebagai tempat berbelanja yang terpercaya. Ini bisa diperiksa melalu testimonial dan komentar di social medianya.
  • Pastikan saat Anda ingin membeli dan masukan ke form pemesanan, ada tanya gembok pada kotak URL (alamat website). Biasanya gemboknya berwarna hijau dan tidak ada tanda silang atau berwarna merah. Gembok hijau berarti aman dan data Anda tidak akan mudah diambil orang.
  • Gunakan servis anti penipu Verified untuk kartu visa. Bila kartu yang Anda miliki adalah mastercard, Anda bisa memilih Secure Code. Untuk mengunakan jasa ini, jangan lupa menanyakannya  pada bank.
  • Gunakanlah paypal sebagai pembayaran di dunia online karena lebih aman daripada Anda mengiriman email yang berisikan rincian bank atau cek.
  • Jangan berbelanja menggunakan komputer orang lain. Gunakanlah komputer pribadi agar aman dan ‘log out’  setelah selesai. Lebih baik berjaga-jaga daripada kecolongan.

Semoga tips ini berguna dan sampai ketemu lagi di artikel informasi berikutnya. –hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar