Memilih Mainan Yang Tepat

Diposting oleh xexe on Kamis, 05 Januari 2012


Toko Mainan
Toko mainan merupakan tempat untuk mewujudkan impian setiap anak. Tempat ini adalah salah satu tempat favorit bagi anak-anak. Tidak ada yang salah karena anak - anak memang sangat menyukai mainan. Mainan-mainan tersebut menjadi alat pemicu imajinasi mereka. Contoh pastinya adalah action figures yang dimainkan seolah-olah mainan tersebut hidup seperti manusia pada umumnya.

Namun orang tua harus ekstra berhati – hati saat memilih mainan yan tepat untuk anaknya. Seperti yang telah dikatakan, mainan adalah alat pemicu imajinasi. Dengan imajinasi anak, mainan sederhana sekali pun bisa memberikan dampak kesenangan yang luar biasa. Beberapa hal yang harus dilakukan untuk memilih mainan yang aman adalah:

-          Bentuk
Mainan dengan bentuk tidak rajim, lebih baik dihindari. Barang-barang yang memiliki sudut tajam juga harus dihindari. Pilihlah bentuk mainan yang tidak akan menyakiti anak, terutama saat memilih mainan untuk bayi dan balita.

-          Bahan
Cek apakah bahannya aman, cat yang digunakan dan kandungan kimiannya. Pilih bahan  sesuai usia. Dari umur bayi hingga balita, disarankan bahan yang agak lunak seperti boneka karena bayi dan balita cenderung akan mengigit mainan mereka. Lebih baiknya lagi cari mainan yang bisa digigit dan tidak bahaya.

-          Kreativitas
Mainan memang memicu imajinasi atau kreativitas tapi perlu diingat bahwa ini  tidak berlaku pada semua mainan. Mainan elektronik seperti game handphone tidak baik untuk anak dengan umur dini. Bila ingin anak lebih cepat belajar bahasa inggris, diharapkan anak sudah berumur diatas 13 tahun saat anak diberikan game online ataupun game ps yang berbahasa inggris.

-          Tahan Lama
Mainan yang dibeli harus awet untuk kurung waktu yang cukup lama karena anak-anak sangat aktif sehingga mainannya bisa dibawa terus, dilempar, ditendang dan berbagai kegiatan yang mereka anggap perlu.

4 hal ini memang sederhana, tapi hal-hal ini adalah hal yang sangat penting dan sudah terlupakan oleh kebanyakan orang tua. Sekarang, orang tua lebih memilih game canggih dan modern untuk menyenangkan anaknya tapi saatnya beralih pada mainan yang tepat dan memacu kreativitas mereka. –hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar