Sejarah Toko Online Indonesia

Diposting oleh xexe on Kamis, 05 Januari 2012


Toko online semakin tumbuh subur di tanah  Indonesia. Saat toko online pertama kali muncul sebagai salah satu peluang usaha yang menjanjikan, banyak pengusaha yang mulai mengadu nasib dalam usaha ini. Pengusaha -pengusaha ini disebut pengusaha online atau pengusaha dunia online.

Kebanyakan pengusahan online membuat toko online dengan menggunakan website. Tentu saja modal yang diperlukan besar karena membuat sebuah website membutuhkan biaya yang tidak kecil.  Tidak lama kemudian, banyak pengusaha online yang beralih dari website menjadi blog karena penggunaan blog lebih murah walaupun perubahannya tidak seleluasa website.
Blog yang paling sering digunakan adalah multiply. Multiply menjadi blog jualan pertama di Indonesia. Tidak berselang terlalu lama, banyak pengusaha online yang menggunakan blog lain seperti blogspot, wordpress, ataupun blog lainnya.  

Tidak berhenti disana, pengusaha online semakin kreatif dalam memasarkan dan mempromosikan usaha mereka. Mereka mulai menggunakan jaringan social networking. Pada mulanya, Friendster menjadi pilihat yang sangat mengiurkan. Namun Friendster kemudian berubah dari social networking biasa menjadi social networking yang mengkhususkan diri untuk game sehingga tidak bisa melakukan promosi secara bebas.
Pantang menyerah, pengusaha online melirik social networking lain yang sedang berkembang saat itu yaitu Facebook. Pada mulanya, hanya sedikit yang menggunakan facebook namun tidak begitu pada saat ini. Ini bisa dikarenakan facebook mempunyai fitur yang mendukung pemasaran dan promosi produk produk yang ingin dijual.

Dengan masuknya Blackberry ke Indonesia telah menambah  instrument pemasaran untuk toko online. Kenapa? Banyak orang di Indonesia menggunakan Blackberry sebagai alat komunikasi. Fitur Blackberry yang paliang disukai adalah Blackberry Messenger (BBM). BBM dianggap sebagai penganti  SMS karena harga BBM lebih murah daripada SMS. Alasan lainnya adalah BBM lebih praktis daripada SMS sehingga BBM menjadi sarana pengiklanan yang efisien dan murah. Namun hati-hati, jangan sampai menjadi spam. –hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar