Arti Kue Lapis Imlek

Diposting oleh xexe on Kamis, 05 Januari 2012


Kue sudah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari acara Tahun Baru Cina (Imlek). Kue - kue manis dapat ditemukan disetiap rumah yang dikunjungi.  Penyajian kue manis merupakan hasil dari sebuah kepercayaan turun menrun yang menggangap kue dengan rasa manis adalah doa agar  orang yang memakannya dapat menjalani hidup yang manis daripada tahun-tahun sebelumnya.

Kebanyakan kue yang disajikan adalah kue lapis legit. Tentu saja setiap kue lapis legit dari rumah berbeda memiliki cita rasa yang berbeda karena dibuat oleh orang berbeda terkecuali kue tersebut dibuat bersama-sama atau dipesan dari tempat yang sama. Sekarang banyak catering murah yang hadir secara musiman. Catering musiman ini hanya menawarkan  jasa pembuatan kue untuk hari-hari besar seperti Idul Fitri, Natal, Imlek dan hari besar yang lain.  Memesan langsung dengan mereka akan lebih aman apalagi bila catering tersebut adalah catering kenalan. Memang beli dijalan-jalan tidak ada salahnya. Namun bila And ingin rasa yang khas, lebih baik pesan secara khusus.

Kue lapis legit sudah menjadi menu utama dalam kategori kue dalam perayaan Imlek. Ini dikarenakan kue lapis legit memiliki arti tersendiri. Kue ini menjadi lambang harapakan agar rezeki yang datang akan berlapis-lapis dan tumpang tindih sehingga pemakan kue ini akan mengalami hidup yang legit dan manis. Secara sederhana, arti kue lapis adalah doa agar rejeki yang datang berlimpah ruah shingga hidup akan lebih bahagia untuk tahun yang akan datang. Kepercayaan ini merupakan warisan turun temuran dari nenek moyang dan selalu dilakukan hingga sekarang. Boleh dibilang, budaya ini bertahan hingga sekarang sejak zaman bangsa cina memasuki Negara Indonesia. Budaya tidak akan pudar bila dilestarikan dengan cara yang tepat dan di wariskan kepada generasi muda. –hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar