Hal Penting Bagi Seorang Operator Alat Berat

Diposting oleh xexe on Senin, 23 Maret 2015

pengemudi alat berat
Alat Berat bukanlah sebuah alat yang bisa dikendalikan dengan mudah. Untuk dapat mengendalikan sebuah alat berat jenis apapun, dibutuhkan pelatihan khusus terlebih dahulu. Tidak hanya mengikuti pelatihan saja, seorang operator alat berat harus dinyatakan lulus yang ditandai dengan sertifikat yang akan diberikan oleh lembaga yang mengadakan pelatihan dan mendapatkan sim khusus operator alat berat. Hal ini sangat penting, karena berhubungan langsung dengan keselamatan kerja. Baik keselamatan kerja dari operator itu sendiri, maupun keselamatan bagi orang-orang yang terlibat dalam proyek. Selain itu, kesalahan dalam penggunaan alat berat juga dapat menimbulkan kerugian materi. Misalnya saja jika terjadi kerusakan pada alat akibat kelalaian operator, yang membuat proses pengerjaan proyek menjadi terganggu. Karena itulah, hal ini sangatlah penting untuk diperhatikan demi kelancaran proyek yang sedang dikerjakan.

Pelatihan untuk menjadi operator alat berat biasanya dikhususkan pada satu jenis alat berat. Sebab, setiap alat berat memiliki cara yang berbeda dalam pengoperasiannya. Misalnya saja, alat berat yang digunakan pada proyek pembangunan gedung bertingkat akan berbeda dengan yang digunakan pada pertambangan. Meskipun begitu, ada beberapa hal umum yang tetap harus dimiliki oleh semua operator alat berat, yaitu:

Mental yang kuat

Mengendalikan sebuah alat berat, apalagi yang berukuran sangat besar bukanlah hal yang mudah. Namun, jika sudah memutuskan untuk bekerja dibidang tersebut yakinkan pada diri sendiri bahwa kita bisa melakukannya. Selain itu, teruslah berusaha untuk menambah pengetahuan  serta keahlian mengenai berbagai alat berat.

Kemampuan

Tidak ada salahnya kita menguasai lebih dari satu alat berat. Namun, kita harus pastikan untuk menguasai semuanya secara lengkap. Tidak hanya menguasai cara mengendalikan alat berat tersebut dengan aman saja, tetapi juga perawatan serta bagaimana cara meminimalkan risiko kerja. Jika kita merasa tidak mampu, maka akan lebih baik jika kita fokus pada satu alat berat saja.

Konsentrasi

Konsentrasi yang baik akan meminimalkan kemungkinan terjadinya risiko kerja. Operator yang mengendalikan alat berat dengan konsentrasi akan lebih berhati-hati, dan akan bisa cepat mengambil keputusan ketika tiba-tiba terjadi hal yang diluar prediksi. Tidur yang cukup, makan makanan bergizi, dan menghindari minuman yang dapat mengganggu konsentrasi, adalah hal yang sebaiknya dilakukan oleh operator alat berat.

Pola Pikir yang tepat

Berfikirlah bahwa pekerjaan itu merupakan tanggung jawab, dan jangan berfikir bahwa kita bekerja hanya untuk menyelesaikan tugas dari atasan. Hal ini akan membuat kita lebih waspada dan berhati-hati saat mengendalikan alat berat. (Yv)

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar