7 Asuransi Terbaik di Indonesia

Diposting oleh xexe on Rabu, 11 Februari 2015

Berdasarkan artikel online pada situs Tribunnews, terdapat 7 perusahaan asuransi indonesia yang menyadang predikat asuransi terbaik untuk tahun 2014 berdasarkan versi Majalah Investor. Dari 7 perusahaan asuransi terbaik di Indonesia, terdapat 3 perusahaan asuransi jiwa, 3 perusahaan asuransi umum dan 1 perusahaan reasuransi. Perusahaan asuransi terbaik memiliki nilai tinggi dibandingkan nominasi perusahaan asuransi lainnya.

Daftar Nama Asuransi Terbaik di Indonesia 2014

Berikut ini daftar ke-7 asuransi terbaik di Indonesia yang dibagi berdasarkan kelompoknya:

Kelompok Asuransi Jiwa

1. PT AXA Mandiri Financial Services
Dikenal juga dengan nama AXA Mandiri. Perusahaan asuransi jiwa ini sudah berdiri sejak tahun 1991 dengan nama Asuransi Jiwa STaco Raharja. Pada tahun 2002, berubah nama menjadi Asuransi Jiwa Mandiri. Dan akhirnya pada tahun 2004 berganti nama menjadi AXA MAndiri dikarenakan perusahaan asuransi ini adalah gabungan antara AXA dan Bank Mandiri.  AXA Mandiri berhasil masuk kategoriasuransi terbaik di Indonesia 2014 dengan aset di atas Rp 15 triliun.

asuransi
2. PT Commonwealth Life
Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1992 ini dengan nama Astra Jardine. Kemudian berubah nama menjadi Astra CMG Life hingga Juli 2007, dimana Astra CMG Life sekali lagi berubah namanya menjadi PT Commonwealth Life.  Saat ini pemengang saham terbesarnya adalah Commowealth Bank of Australia (CBA).  Bank Commonwealth Life dipilih masuk kategori asuransi terbaik dengan aset antara Rp 5 triliun – Rp 15 triliun.

3. PT Asuransi Jiwa Inhealth
Perusahaan asuransi jiwa yang bisa terbilang cukup baru. Perusahaan ini berdiri pada tahun 2008, dan perusahaan ini adalah afiliasi dari Askes. Berhasil masuk sebagai salah satu perusahaan asuransi terbaik dengan aset  antara Rp 1 triliun – Rp 5 triliun.

Kelompok Asuransi Umum

1. PT Asuransi Astra Buana
Perusahaan asuransi yang cukup tua. Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1956. Pada awal berdirinya, perusahaan asuransi ini bernama PT Maskapai Asuransi Buana dengan produk pertamanya adalaj asuransi kerugian. Pada tahun 1990, PT Maskapai Asuransi Buana berganti nama menjadi PT Asuransi Astra Buana, nama yang digunakan hingga sekarang. Perusahan ini adalah perusahaan asuransi umum dengan aset tertinggi, di atas Rp 3 triliun.

2. PT Asuransi Bangun ASKRIDA
Perusahaan asuransi yang didirikan oleh Pemerintah Indonesia pada tahun 1989 untuk menawarkan pelindungan atas resiko dan kehilangan terutama untuk gedung. Perusahaan ini menjadi salah satu asuransi terbaik di Indonesia untuk kelompok asuransi umum dengan aset antara Rp 1 triliun - Rp 3 triliun.

3. PT Pan Pacific Insurance
Perusahaan asuransi pada awalnya bernama PT Asuransi Jaya Inti yang didirikan pada tahun 1997 di Jakarta. Yang kemudian berganti nama pada tahun 2007 menjadi PT Pan Pacific Insurance. Dan dalam 5 tahun, perusahaan asuransi ini sduah berkembang dengan pesat dan memenangkan berbagai award. Jadi tidak salah jika perusahaan asuransi ini kemudian masuk ke kategori asuransi terbaik di Indonesia 2014. Dan saat ini aset perusahaan ini  antara Rp 250 miliar  - Rp 1 triliun.

Kelompok Perusahaan Reasuransi

1. PT Tugu Reasuransi Indonesia
Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1987, pada awalnya hanya menaungi asuransi yang ada di bawah Grup Tugu (grup keuangan dari Pertamina). Namun seiring perkembangannya, perusaan reasuransi juga menaungi asuransi lain di luar Grup Tugu.

Note:
Reasuransi adalah jasa pelindungan yang dikhususkan untuk perusahaan asuransi untuk melingungi dirinya terhadapa resiko asuransi.

Perhargaan Khusus dari Majalah Investor

Majalah Investor memilih Perusahaan PT Asuransi Allianz Life Indonesia (kelompok asuransi jiwa) dan PT Asuransi Central Asia (kelompok asuransi umum) sebagai perusahaan asuransi yang berhak mendapatkan penghargaan khusus. Penghargaan khusus ini diberikan sebagai sebuah bentuk dukungan terhadap program literasi keuangan. –hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar