Apa itu Data Center?

Diposting oleh xexe on Selasa, 20 Januari 2015

Kata data center Indonesia bukan kata yang asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Walaupun begitu masih banyak yang kurang mengerti apa arti kata “data center”dan manfaat dari data center itu sendiri. Oleh sebab itu, artikel ini akan menjelaskan secara gamblang pengertian Data center dan manfaatnya dengan berpatokan pada artikel data center dari situs Itechmagz

Pengertian Data Center

data center
Data center diartikan dalam bahasa Indonesia berarti pusat data. Pusat data sendiri merupakan sebuah fasilitas untuk menyimpan data. Untuk menjaga keamanan data dan memastikan pusat data bisa berjalan dengan baik, fasilitas ini telah dilengkapi dengan daya cadang, pengontrol suhu ruangan, pencegah kebakaran dan piranti keamanan fisik. Secara umum, data center dibagi menjadi 2, yaitu:
  • Internet Data Center : beroperasi untuk mendukung layanan public yang hanya berhubungan dengan internet
  • Corporate / Enterprise Data Center : mendukung sebuah institusi atau korporasi dalam mengoperasikan bisnis, dengan menggabungkan layanan intranet dan internet.

Manfaat Data Center

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapat dengan menggunakan data center:
  • Semua data perusahaan tersimpan dengan tidak akan hilang. Hal ini dikarenakan data center sudah dilengkapi dengan komponen pendukung seperti data recovery, piranti keamanan fisik, pencegah kebakaran sehingga mencapai zero failure.
  • Data center dilengkapi dengan kapasitas memori yang besar sehingga seluru data perusahaan atau bisnis bisa disimpan. Beberapa data center telah memiliki paket kapasitas memori yang bisa dipilih. Jika klien merasa kapasitas memori yang telah digunakan tidak cukup, klien bisa mengajukan upgrade.
  • Keamanan terjamin karena data center memiliki sistem keamanan untuk data yang keluar masuk, aplikasi dan metode akses yang digunakan klien.
  • Layanan data center menghemat biaya operasional. Tidak perlu membeli perangkat keras untuk menyimpan data serta memperkerjakan orang khusus untuk menjaga data. Jika tidak percaya, coba bandingkan harga sewa dari  perusahaan jasa  data center Indonesia dengan biaya operasional membuat data center sendiri.
Semoga informasi mengenai data center ini membantu. Dan bagi Anda yang ingin menggunakan jasa data center, sekarang sudah banyak perusahaan jasa data center Indonesia. Pilih yang perusahaan data center Indonesia dengan track record baik, keamaan terjadin dan mudah dihubungi jika ada masalah. –hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar