Penyangga Perut Ibu Hamil

Diposting oleh Heni Minata on Jumat, 20 Desember 2013

Penyangga perut merupakan salah satu keperluan ibu hamil. Ketika perut Anda semakin membesar, area punggung dan panggul Anda akan merasa sakit dikarenakan berat perut ke depan ditambah gaya gravitasi bumi kebawa. Penyangga perut ibu hamil ini bisa mengurangi rasa beban pada punggung dan panggul Anda sehingga Anda masih beraktifitas seperti biasa.

Penyangga perut ini dikenal dengan nama maternity support girdle, prenatal cradle atau pregnancy support harness. Biasanya perlengkapan ini digunakan oleh ibu hamil yang sudah memasuki akhir trimester kedua (bulan ke 5 atau 6). Selain itu, ibu yang mengandung kembar (lebih dari saty) sejak akhir trimester pertama sudah mengenakan peyangga perut ini.

2 Jenis Penyangga Perut

Pada umumnya ada 2 jenis penyangga perut ibu hamil yang ada di pasaran:

penyangga perut ibu hamil
Belly Belt
Belly belt secara harafia berarti ikat pinggang perut merupakan perpanjangan lingkaran celana. Dengan adanya ini, Anda hanya perlu membuka resleting lali kaitkan sisi kanan dan kiri kain pada pengait belly belt. Jenis penyangga perut ini sudah bisa digunakan sejak trimester pertama.

Maternity Belt
Penyangga perut yang menutupi bagian bawah atau seluruh bagian perut. Biasanya pada bagian depan penyangga perut ini terdapat bantalan tipis. Penyangga perut jenis ini dibuat dari bahan elastis sehingga bisa melar mengikuti ukuran perut.

Memang ke-2 jenis penyangga perut ini bisa sangat membantu Anda mengurangi beban pada pinggul dan punggung Anda, namun disarankan Anda tidak menggunakannya terus menerus. Gunakan 3-4 jam sehari. Hal ini dilakukan agar otot perut juga tetap bekerja menahan berat janin secara alami dan membiarkan kulit pada bagian area perut bernafas.

Penyangga perut ini bisa dicuci seperti pakaian biasa. Cuma pastikan pas pengeringannya, penyangga perut langsung dijemur dibawah cahaya matahari dan hanya dipakai lagi setelah kering.

Tidak semua orang suka menggunakan penyangga perut ibu hami. Beberapa calon ibu me
rasa kurang nyaman jadi mereka memutuskan untuk tidak menggunakannya walaupun area punggung ke bawa merasa pengal dan capek karena ukuran janin yang semakin besar.

Semoga artikel mengenai penyangga perut ibu hamil ini membantu. –hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar