Panduan Dalam Membeli Sebuah Water Heater

Diposting oleh xexe on Selasa, 04 Juni 2013

Sekarang jenis water heater atau pemanas air sudah semakin banyak. Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi yang memungkinkan menggunakan berbagai jenis energi dan mengubahnya dengan berbagai bentuk. Gimana cara memilih produk pemanas air yang tepat? Berikut panduan yang bisa digunakan:

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan jenis bahan bakar apa yang kita inginkan. Sekarang ada 3 jenis bahan bakar yang bisa digunakan yaitu
  • Listrik
  • Gas Alam
  • Tenaga surya atau sinar matahari

Perlu diingat bahwa kebanyakan water heater hanya menggunakan 1 sumber tenaga sehingga pikirkan dengan baik-baik jenis yang cocok dengan rumah kita.  Banyak yang mengatakan bahwa pemanas dengan tenaga gas alam dan tenaga surya memiliki biaya operasional yang kecil.

pemanas air
Hal ke dua adalah jenis pemanas air berdasarkan tanknya. Terdapat pemanas air dengan tanking dan tidak ada. Pemanas dengan tangki merupakan pemanas air yang memiliki tangki terisolasi di mana air yang sudah dipanaskan di simpan di sana agar bisa digunakan ketika dibutuhkan. Bila memiliki anggota keluarga yang banyak, pemanas tangki bisa menjadi pilihan.

Pemanas air tanpa tangki memang hemat energi dan hemat biaya. Dikarenakan pemanas ini tidak memiliki tangki sehingga jumlah (volume) air yang dapat diberikannya pun terbatas.

Hal ketiga adalah ukuran tangki. Pilihlah ukuran tangki yang memang pas dengan jumlah anggota keluarga.

Hal keempat adalah harga. Bukan hanya harga pemanas air yang akan kita beli tetapi juga biaya operasional yang akan kita keluarkan setiap bulannya. Tidak ada salahnya tanya sini sana untuk mendapatkan harga pasti agar nantinya kita tidak kaget.

Hal kelima adalah ukuran pemanas airnya. Pastikan kita punya tempat yang pas untuk menaruh peralatan pemanas air yang akan kita beli. Bila tidak ada tempat yang besar berarti kita bisanya beli yang kecil.

Aksesoris Pemanas Air

Seperti HP yang punya aksesoris, pemanas airpun dilengkapi berbagai aksesoris seperti:
  • Isolasi pemanas air adalah sebuah selimut khusus yang dibuat untuk meningkatkan kemampuan isolasi water heater.
  • Tank expander merupakan bantuan tambahan untuk menampung air.
  • Timer adalah fitur yang dapat digunakan utnuk mengatur kapan pemanas air akan menyala sehingga ketika tidak digunakan, pemanas bisa dipadamkan.


Semoga artikel informasi ini dapat membantu. –hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar