Tarif Listrik Naik Membawa Berkah

Diposting oleh xexe on Jumat, 03 Mei 2013

Pada awal tahun tahun 2013, para konsumen listrik yang menggunakan listrik di atas 900volt ampere akan mendapatkan tagihan dengan tarif harga baru. Tidak tanggung – tanggung  kenaikan yang ditetapkan adalah sebesar 15 persen per tahun.  Kenaikan yang boleh dibilang cukup mengangetkan para pengguna listrik PLN.

Dikarenakan ada kenaikan ini, pembayaran bisa dilakukan pertiga bulan sekali (kuartal). Tagihan akan dikirimkan pada 1 januari, 1 april, 1 agustus dan 1 november dengan pembagian persen sebesar 4,3 persen perkuartar. Kenaikan itu tidak terjadi secara mendadak dan keputusannya muncul dari hasil kesepakatan antara PT Persuahaan Listrik Negara (PLN) dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Perlu digaris bawahi bahwa kenaikan harga tariff listrik ini hanya berlaku bagi kalangan pengguna listrik di atas 900volt ampere. Untuk para pengguna listrik dengan daya di bawah atau pas 900volt ampere tidak akan dikenakan kenaikan 15 persen pertahun.

tenaga surya
Kenaikan harga tarif listrik ini akam membuat banyak orang mulai berpikir meminimalis penggunaan listrik agar biaya tarif listrik yang perlu dibayar sedikit. Jadi tidak heran bahwa kenaikan ini kemungkinan besar akan membuat bisnis peralatan dengan sumber tenaga lain berpeluang besar. Salah satu contohnya adalah peralatan yang mengunakan tenaga surya.

Indonesia merupakan sebuah negara yang paling banyak curahan sinar mataharinya sehingga tidak aneh bila banyak orang yang akan beralih ke produk bertenaga surya. Selain karena negara kita diberkahi dengan sinar matahari yang banyak, sekarang sudah banyak peralatan rumah tangga bertenaga surya yang tersebar di pasar di Indonesia. Salah satu contohnya adalah pemanas air bertenaga surya.

Pemanas air bertenaga surya sudah bisa dibilang cukup terkenal di Indonesia. Pada tahun 2012 setidaknya 10 ribu unit terjual. Menurut Teddy Tjan selaku Direktuer Marketing dari PT Istana Argo Kencana mengatakan bahwa tahun 2013 ini penjualan pemanas air mungkin akan naik hingga 20 ribu unit dikarenakan adanya kenaikan tarif listrik.

Dengan menggunakan pemanas air atau peralatan lainya yang menggunakan tenaga surya akan membantu penduduk Indonesia mengurangi biaya yang perlu mereka keluarkan untuk listrik. Peralatan bertenaga surya hanya perlu sinar matahari  sehingga biaya yang perlu dikeluarkan tentu dikit dibandingkan peralatan bertenaga listrik atau sumber energi lainnya.

Apakah perkiraan lonjakan penjualan pemanas air serta peralatan bertenaga surya akan terjadi? Hal ini hanya bisa kita pastikan setelah akhir tahun 2013. –hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar