Memilih Mainan untuk Anak

Diposting oleh xexe on Kamis, 16 Mei 2013

Mainan anak merupakan salah satu alat yang membantu pertumbuhan anak baik emosional, pemikiran dan fisik. Sakin pentingnya peran mainan – mainan ini dalam pertumbuhan seorang balita dan anak membuat banyak orang tua sangat berhati – hati dalam memilih sebuah maianan.

Tips Memilih Mainan Anak

Berikut beberapa tips dan info cara memilih mainan untuk anak:
mainan anak
  • Jangan langsung tergiur dengan iklan – iklan yang ada baik itu iklan biasa, promo maupun diskon. Ingat, kita hanya memilih mainan yang bermanfaat bagi anak kita.
  • Persiapkan budget ya, karena mainan anak terutama mainan yang mendidik memang agak mahal. Untuk mendapatkan harga yang murah, jangan ragu melakukan penawaran harga dan mencoba mencarinya di toko lain. Sekarang banyak toko mainan anak yang beredar terutama di kota Jakarta, ambil waktu sebelum melahirkan untuk mencari mainan yang pas bersama dengan pasangan, teman, saudara, ibu atau ibu mertua.
  • Pilih mainan yang sesuai dengan umur si kecil. Saat ingin memilih mainan, sangat penting bagi kita untuk mengetahui tingkat perkembangan metal si kecil. Pilih mainan yang cocok dengannya. Biasanya beberapa mainan memberikan penjelasan umur anak pada bungkusannya. Label usia pada kemasan memang sudah berdasarkan standar pertumbuhan serta perkembangan kemampuan metan, fisik, minat, kebutuhan main dan keamaan sang buah hati.
  • Kebanyakan anak sangat menyukai mainan dengan warna cerah yang menarik. Banyak dokter anak yang sangat menganjurkan orang tua mencari mainan yang mengandung banyak warna sekaligus untuk merangsang indara penglihatannya.
  • Mainan yang bertekstur atau dapat digigit serta mengeluarkan bunyi merupakan ciri mainan yang disukai anak. Bertekstur dan bunyi sangat penting untuk membantu pertumbuhan anak dari segi pendengaran serta sentuhan.
  • Selain mencari mainan yang disukai anak, kita sebagai orang tua harus mencari mainan yang dapat merangsang anak untuk berinteraksi dan belajar. Carilah mainan yang dapat mendidik sang buah hati tanpa membuat dia frustasi. Jangan lupa menemaninya bermain agar dia tahu cara memainkan mainan tersebut namun jangan selalu membantu dia – biarkanlah dia mempelajarinya.
  • Selain memastikan mainan yang dibeli disukai oleh anak serta mendidik, kita harus memastikan mainan yang kita belikan memang aman. Hindari memilih mainan dengan ujung yang tajam dan terbuat dari materi berbahaya. Pastikan mainan anak yang pilih sesuai dengan standar keamanan bagi sang buah hati.
  • Tidak ada salah membaca berbagai artikel dan buku tentang mainan yang sesuai dengan umur anak dan cara membuat anak lebih berinteraksi.
"Pilih Mainan yang Tepat Untuk Anak  demi perkembangan Dirinya" - selain tips memilih mainan untuk anak di atas, bisa di cek juga pedoman umum dalam memilih mainan untuk anak yang lain untuk memastikan mendapatkan tips yang tepat.-hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar