Kukang Tersengat Sampit Mati Lampu

Diposting oleh xexe on Jumat, 19 April 2013


Mati lampu selalu dihubungkan dengan PLN padahal sekarang sudah semakin banyak penyebab kenapa listrik mati mendadak tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu. Contoh paling nyata terjadi di daerah Sampit, Kalimantan Tengah. Pada tanggal 19 April 2013, wilayah Sampit mengalami pemadaman listrik mendadak pada dini hari. Penyebab listrik mati ternyata dikarenakan seekor Kukang.

Apa itu Kukang? Kukang atau dikenal juga dengan nama kokang atau malu – malu ini merupakan hewan mamalia yang menyerupai kera / monyet. Kukang memiliki wajah yang lucu serta bergerak lambat. Kukang banyak ditemukan si Kalimantan, Sumatera dan Jawa. Pada umumnya Kukang hidup di dalam hutang.
Semakin berkembangnya zaman, manusia seperti kita mulai menduduki hutan dan mengubahnya menjadi pemungkiman yang lengkap dengan listrik. Semakin lama, daerah hidup Kukang berkurang dan mereka mulai masuk ke desa dan kota- kota. Jadi tidak heran bahwa sekarang banyak hewan – hewan kecil bermunculan.

kukang tersengat sampit mati lampu
Supardji selaku Manajer PT PLN Rayon Sampit mengantakan insiden mati lampu ini terjadi sekitar pukul 5 subuh dimana warga di daerah Sampit sudah mulai beraktivitas. Tiba – tiba mati lampu terjadi serentak di seluruh area Sampit. Hal ini pastinya mengganggu karena warga terpaksa harus menunda atau menggunakan penerangan lainnya yang tentu tidak seterang lampu PLN.

Beberapa warga mengira mati lampu disebabkan oleh angin kencang plus gerimis yang sedang terjadi di daerah Sampit. Karena angin yang kecang bisa menyebabkan ganguan pada jalur listrik. Selain anging, batang atau ranting yang jatuh menimpah kabel listrik dengan kuat juga bisa menjadi pemicu.
Petugas PLN yang kaget karena listrik mati langsung menelusuri jalur kabel listrik untuk mencari tahu penyebabnya. Setelah mencari di berbagai tempat, akhirnya petugas PLN menemukan seekorang Kukang yang telah terbujur kaku dengan kondisi tubuh telah gosong akibat sengatan listrik.

Diduga Kukang tersebut memanjat naik tiang listrik dan tidak sengaja menyentuh kabel listrik bertegangan tinggi sehingga langsung tersengat dan meninggal. Karena terjadi sengatan yang lumayan kuat hingga tubuh Kukang gosong, terjadilah hubungan arus pendek sehingga listrik langsung padam. Pemadaman ini berlangsung setidaknya 30 menit. Seandainya petugas tidak bertindak cepat, mungkin listrik tidak akan hidup secepat ini.

Semoga tubuh Kukang dimakanmkan :)

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar