Gunakan KTA dengan Bijak

Diposting oleh xexe on Jumat, 22 Februari 2013

KTA atau kredit tanpa angunan memang kredit yang sangat mengiurkan karena kita bisa meminjam tanpa menggunakan jaminan untuk semua kebutuhan kita baik itu renovasi rumah, liburan ke luar negeri dan lainnya. Namun kredit ini bisa menjadi perangkap yang menelan semakin dalam ke jurang hutang bila kita menggunakannya sembarangan.

Lembaga keuangan seperti Bank Mandiri dan lainnya memang akan memberikan kredit ini pada kita setelah mereka bisa dinyakinkan dengan proposal super duper menyakinkan yang kita buat. Bank Mandiri tidak akan sembarangan mengucurkan dana kepada siapapun. Kenapa begitu? Mereka pasti tidak ingin nasabahnya terjerat hutang dan tidak bisa membayar kembali dana yang telah dipinjam. Bank Mandiri membangun reputasi bertahun-tahun dengan menjaga kepercayaan nasabahnya.

kredit tanpa agunan
Beberapa marketing bank akan memastikan bahwa para nasabah yang ingin menggunakan kredit tanpa angunan memang tahu apa itu KTA, bunga dari pinjamannya serta tujuan penggunaan KTA. Nah disini, kita sudah harus mempertimbangkan dengan baik apakah kita memang perlu dengan KTA. Kebanyakan orang meminjam KTA untuk tujuan konsumtif yang tidak mendesak, padahal bunga yang harus dibayar tidaklah dikit.

Kiat agar menngunakan kredit tanpa angunan dengan bijak adalah
  • Pikirkan dengan matang, kenapa harus menggunakan KTA.
  • Jangan menggunakan KTA untuk kebutuhan konsumtif yang tidak mendesak.
  • Konsultasikan dengan teman dan saudara, jangan biarkan diri sendiri yang mengambil keputusan. Lebih baik mendengar pendapat dari beberapa pihak.
  • Pastikan kita memang bisa membayar setiap sen pinjaman serta bunganya dalam waktu maksimal 1 tahun karena kita tidak tahu kapan pemasukan kita akan berhenti.
  • Pastikan juga bahwa kita tidak akan terlambat membayar setiap cicilan dan bunganya karena sekali kurang dikit walaupun Rp 100, kita akan dikenakan denda. Denda yang lama-lama ditungak akan menumpuk dan mencekik Anda. Hanya kurang Rp 100, kita harus membayar lebih.
  • Jangan berpikir bahwa pinjaman kredit tanpa angunan itu passport bagi kita untuk menghabiskan uang. Ingatkan pada diri bahwa ini adalah hutang yang harus dibayar dan bukannya uang kita sendiri.
  • Sebisa mungkin untuk kebutuhan konsumtif yang tidak mendesak, kita mencari jalan lain seperti menunggu promo murah untuk liburan dan lainnya.
Semoga kiat ini membantu kita semakin bijak menggunakan KTA. –hm-

{ 1 komentar ... read them below or add one }

ari sudono mengatakan...

saya setuju mas, KTA digunakan buat hal-hal yang berhubungan dengan usaha yang tingkat kerugiannya kecil, karena kalau tidak akan terasa seperti bom waktu

Posting Komentar