Akhiran Nama Domain Selain COM

Diposting oleh xexe on Kamis, 28 Februari 2013

Internet Corporation for Assigned Names and Numer (ICANN) menyetujui ekspedisi lebih lanjut untuk domain internet. Hal ini telah diberitakan secara tertulis oleh CBSNEWS. Pada hari senin (25-Feb-2013), Kepala Badan Pengawasan Internet mengatakan bahwa akan bermunculan ratusan akhiran alamat internet untuk menyaingi “.COM”. Akhiran alamat internet baru ini dapat digunakan pada akhir tahun ini.

Meskipun beberapa nama akhiran alamat domain tidak akan diumumkan sampai akhir april, beberapa orang mengatakan bahwa nama akhiran pada alamat domain ini telah diajukan sebagai proposal adalah
  • Untuk regional seperti “.Vegas” atau “.Quebec”
  • Untuk generic seperti “.Like” atau “.Vacation”
  • Untuk merek “.Cadillac” atau “.Aetna”
Selain itu banyak usulan yang berkaitan dengan “.App”, “.Music” dan “.Tech”. Dikarenakan proposal yang banyak ini, kanditat yang dipilih bakal lama munculnya.

Wah- hebat sekali ICANN bisa menetapkan akhiran alamat domain. Siapa sih ICANN? ICANN dibentuk pada tahun 1980-an dan bertugas mengawasi perkembangan sistem alamat internet. Pada tahun lalu (2012), setidaknya ada 2.000 group yang mengajukan 1.400 akhiran baru untuk nama domain. Dengan adanya akhiran baru untuk alamat domain, maka pengguna internet dapat ekpansi secara leluasa lagi.

akhiran alamat internet
Dalam persiapan ekspansi ini, Chehade mengatakan bahwa pegusaha atau pebisnis dapat mematenkan nama yang mereka ingin lindungi sejak mulai tanggal 26 Maret 2013. Tentu pematenan ini perlu biaya. Biaya yang dikenakan adalah biaya pertahunan dan maksimal patokan harganya adalah $150.  Pematenan ini dapat langsung dilakukan melalui Trademark Clearinghouse.

Para pemegang merek dagang mendapatkan kesempatan untuk mendaftarkan nama domain dengan akhiran baru sebelum pendaftaran terbuka untuk masyrakat umum. Jika seadainya perusahaan tidak mematenkannya, Trademark Clearinghouse akan memberitahukan perusahaan ketika seseorang mencoba mematenkan nama perusahaan bersangkutan. Dengan pemberitahuan ini, orang yang mencoba mematenkannya harus menghubungi pemilik nama terlebih dahulu untuk mendiskusikan pembelian nama.

Selain penambahan akhiran alamat internet baru, ICANN juga menerima lebih dair 100 proposal untuk penggunaan alamat internet dalam bahasa lain. Pihak ICANN menegaskan bahwa mereka tidak bisa langsung memutuskan apakah usulan penggunaan bahasa lain di alamat domain akan digunakan atau tidak. Untuk memutuskan hal sepenting ini, ICANN mengatakan mereka akan melakukan peninjauan terlebih dahulu.

Entah gimana nantinya akhiran nama internet yang baru. Yang pastinya ICANN akan memilih proposal dari pebisnis atau group yang memang memiliki kekuatan finansial agar project tidak berhenti di tengah jalan. Well, semoga kita semua secepatnya mendapat kabar baik ini. –hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar