Merawat Mobil Dimulai dari Hal Kecil

Diposting oleh xexe on Selasa, 06 November 2012


Perawatan mobil tidak berarti Anda harus pergi ke tempat servis setiap saat. Perawatan bisa dimulai dengan memberhatikan beberapa hal kecil yang semakin lama dibiarkan akan merusak mobil sedikit demi sendikit. Lebih baik mencengahnya daripada nanti Anda harus mengeluarkan uang yang luar biasa banyak jumlah karena kelalai pada hal kecil.

Berikut beberapa hal – hal kecil yang memerlukan perhatian khusus dari Anda:
perawatan mobil dari hal kecil
  • Pilih SPBU yang emang bahan bakarnya sudah difilter. Berhati –hatilah, jangan sembarangan membeli bahan bakar karena kebanyakan tidak difilter atau lebih buruknya bahan bakar tersebut sudah dicampur dengan bahan lain yang dapat merusak mesin mobil.
  • Pilih hari lain atau SPBU lainnya bila Anda melihat ada mobil tangki bahan bakar sedang mengisi SPBU tersebut. Biasanya bila mobil tangki bahan bakar datang berarti sedang ada pengisian kembali tangki bawah tanah SPBU. Pada pengisian ini, turbulensi akan membuat sedimen (endapan) naik. Sedimen yang naik akan menyumbat filter dan injector bahan bakar dan menyebabkan mesin cepat rusak dan macet sehingga perlu perbaikan.
  • Bila saat ban mobil terjebak di selokan, jangan memaksakannya tetapi lakukan dengan lembut untuk membebaskan diri. Jika emang benar-benar terjebak dan tidak bisa keluar kecuali dengan paksaan, ada baiknya memanggil Derek daripada melakukannya sendiri. Kenapa? Soalnya mencoba melontarkan mobil agar bisa keluar dari selokan dengan cara maju mundur dan berputar  berulang kali dengan kecepatan yang tinggi dapat menyebabkan masalah pada transmisi dan kopling nantinya.

Sumber artikel adalah perawatan mobil yang bernama RD. Semoga berguna –hm-

{ 4 komentar ... read them below or add one }

dick sandi yudha mengatakan...

ah, terlalu simple, ngga banyak yg bisa diambil manfaatnya. harusnya tips-tips yg berhubungan sama mesin atau sistem operasional yg baik dan benar, krn biasanya pemilik mobil kurang memperhatikan hal2 kecil terutama pd saat awal menghidupkan mesin samapi cara berkendara.

renaldazwari mengatakan...

resep sederhana ngerawat lampu: kalau kacanya buram, bersihkan pake pasta gigi, dijamin kinclong lagi...

xexe mengatakan...

untuk Kak Dick,
kalau tentang mesin bukan hal kecil lagi
kalau menghidupankan mesin udah banyak dibahas sehingga saya membahas hal yang jarang diperhatikan yaitu pas isi bensin dan pas mau keluarlin mobil dari selokan :D

xexe mengatakan...

untuk Kak Renaldazwari - makasi masukan tipsnya kak :D

Posting Komentar