Perawatan Mobil Khusus Musim Kemarau

Diposting oleh Heni Minata on Kamis, 09 Agustus 2012


Mengetahui cara perawatan mobil untuk musim kemarau itu penting karena musim kemarau pasti dialami oleh penduduk Indonesia setidaknya satu kali setahun. Itu sudah hukum alam dan tidak bisa diubah lagi. Pada musim ini memang jarang turun hujan jadi Anda tidak perlu melaukan perawatan mobil seintensif ketika musim hujan. Untuk musim kemarau, berikut perawatan mobil yang harus dilakukan:
  • Jangan biarkan mobil Anda disinari matahari secara langsung. Parkir mobil Anda ditempat yang teduh agar warna cat tidak pudar dan kusam. Ini adalah perawatan mobil paling dasar di musim kemarau.
  • Tetap ganti ban setelah mobil berjalan sebanyak 5.000 – 8.000 kilometer atau ketika bad sudah botak. Dan cek selalu tekanan udara bad secara berkala minimal 1 kali seminggu.
  • Cuci mobil secara berkala, karena pasti banyak debu dan kotoran dari aspal yang menempel terutama pada bagain brake dust. Karena tidak ada hujan, debu akan bebas berterbangan di jalan.
  • Gunakan bahan bakar yang terjamin mutunya untuk menjaga keawetan mesin apalagi pada cuaca panas. Mesin yang sering diisi dengan bahan bakar campuran akan lebih cepat rusak.
  • Tetap cek dan ganti belt mesin yang sudah rusak . Belt ini sangat penting jadi jangan tunggu hingga rusak.
  • Pastikan semua lampu mobil berfungsi. Bila Anda ingin menganti lampu sen yang rusak sendiri, harap Anda tidak menyentuh bagian kaca lampu. Ketika Anda menyetuh kaca lampu, tangan Anda akan secara tidak segaja menyisahkan minyak dan lemak yang dapat menyebabkan lampu pecah ketika Anda menyalakan mesin mobil.

Semoga tips perawatan mobil ini membantu. –hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar