Stategi Bisnis Toko Offline

Diposting oleh xexe on Kamis, 19 Juli 2012

Bisnis toko online boleh dibilang sangat berkembang era ini. Semakin beragam barang yang ditawarkan toko online membuat kebanyakan orang lebih memilih melakukan belanja online daripada offline. Hal ini memang lebih banyak terjadi di luar negeri terutama untuk negara Amerika Serikat. Boleh dibilang sejak adanya toko online, sekitar 80% penduduk Amerika lebih memilih belanja online daripada offline. Bahkan beberapa orang pergi ke toko offline seperti Best Buy hanya untuk mengecek barang dan harga agar mereka bisa membandingkannya dengan toko online.

belanja online & offline

Hal ini tentu sangat menrugikan toko-toko offline Amerika. Untuk menarik para fans belanja online kembali ke toko mereka, mereka mencoba beberapa strategi. Berikut strategi yang digunakan:
  • Membuat website sebagai perpanjangan tangan (toko online) dimana pembeli bisa memilih dan memesan barang. Namun barangnya diambil sendiri oleh pembeli di tokonya yang lokasinya dekat pembeli untuk menghemat biaya kirim yang mahal. Misalnya seseorang belanja online di website XY, dia bisa mengambilnya di toko offline XY yang ada disekitarnya.
  • Meningkatkan servis purna jual. Beberapa toko elektronik, mebel, gadget, mobil dan motor memberikan layanan panggil untuk servis purna jual sehingga pembeli tidak perlu membawa barang yang perlu diperbaiki ke toko.
  • Servis baru yaitu tinggal, bayar dan ambil. Servis ini membuat para pembeli bisa meninggalkan list belanja mereka lalu membayar dan mengambilnya ketika barang sudah disiapkan oleh pelayan toko.

Strategi – strategi ini berhasil diciptakan karena mereka tahu bahwa dalam dunia bisnis yang terus berkembang ini tidak boleh melawan arus tetapi arus tersebut harus dirangkul. Strategi di atas ini boleh dibilang berhasil karena penjualan mereka semakin meningkat.

Namun tentu saja toko – toko online Amerika seperti Amazon tidak tinggal diam. Toko di dunia online bisa hidup karena kegiatan belanja online. Amazon bahkan meluncurkan servis pengiriman gratis untuk Amerika.
Semoga informasi ini membantu. –hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar