Tips Perawatan Rambut Bercabang

Diposting oleh xexe on Kamis, 07 Juni 2012


Perawatan rambut bagi masalah rambut bercabang sangat diperlukan. Rambut bercabang lebih sering terjadi pada orang berambut panjang. Hal ini dikarenakan semakin jauh ujung rambut dengan akar, semakin sedikit minyak pelumas (minyak alami dari kepala) yang didapatkannya, Malahan untuk beberapa kasus, ujung rambut sama sekali tidak mendapat minyak pelumas sama sekali.

Ujung rambut yang tidak mendapat minyak pelumas akan menjadi kering dan kasar. Semakin lama keadaan ini terus berlanjut, ujung rambut akan sakit. Penyakit yang biasanya diderita oleh ujung rambut adalah rambut bercabang. Ujung rambut akan terbelah menjadi beberapa bagian seperti pohon yang memiliki banyak ranting.

Memang manusia tidak bisa memaksa minyak pelumas alami rambut untuk melumasi semua bagian rambut namun ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk perawatan rambut bercabang yang bisa dilakukan baik sudah atau belum mengalami masalah ini. Berikut tips perawatan rambut sederhana yang bisa dilakukan:
jenis rambut bercabang
  • Sisir rambut sebelum mandi dapat meminimalkan kerusakan yang disebabkan menyisir rambut setelah keramas. Menyisir rambut termasuk perawatan rambut yang sangat perlu dilakukan sehari sekali atau 2 kali karena dapat melancarkan peredaran darah pada kepala.
  • Keramas mulai dari kepala lalu turun secara perlahan ke ujung rambut saat rambut sedang tergelai. Ini akan meminimalkan rambut rusak yang dapat menyebabkan rambut bercabang.
  • Gunakan kondisioner yang banyak terutama untuk ujung rambut karena kondisioner tidak hanya berfungsi sebagai pelumas tetapi juga pelindung bagi rambut. Pilih kondisioner yang diciptakan khusus untuk masalah ini.
  • Jangan terlalu sering menggunakan peralatan yang mengeluarkan panas sperti alat catok atau alat blow karena panas dari alat tersebut dapat merusak rambut walaupun perawatan rambut Anda sudah maksimal.
  • Ketika rambut Anda sudah bercabang, rutinlah mengunting 1 inchi di atas rambut bercabang. Cabang tersebut akan semakin terbelah hingga akar rambut bila tidak dipotong.

Lakukan  5 tips perawatan rambut bercabang  ini secara teratur untuk mengatasi masalah rambut bercabang. Salam –hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar