Asal Muasal Pemanas Air

Diposting oleh xexe on Kamis, 19 April 2012


Pemanas air adalah alat yang digunakan untuk memanaskan air dari suhu awal agar air menjadi panas dengan menggunakan sumber energi. Alat pemanas air banyak digunakan oleh negara – negara yang memiliki musim dingin karena tanpa air panas, penduduk disana akan susah ketika suhu sudah mencapai minus.

Alat pemanas air tradisional yang sering digunakan adalah ceret, kuali dan panci. Alat – alat ini hanya menyediakan pasokan air panas yang terbatas. Pada tahun 1868, seorang pelukis berkebangsaan Inggris yang bernama Benjamin Waddy Maughan  mematenkan pemanas air instan pertama untuk penggunaan rumah tangga. Alat penemuan Maughan ini dinamakan ‘Gas Geyser’ (Pancuran air panas yang menggunakan gas alam).

Pemanas Air Tua
Penemuan dari Maughan  menjadi inspirasi bagi seorang mekanik bernama Edwin Ruud. Edwin Ruud merupakan imigran Norwegia yang menetap di  Amerika Serikat. Pada tahun 1889, dia berimigrasi ke Pittsburgh, Pennsylvania, dia berhasil menemukan pemanas air otomatis pertama di dunia yang memiliki tangki penyimpanan. Pada tahun itu juga, Edwin Ruud membuka perusahaan  manufaktur yang mengkhusukan diri untuk membuat dan menjual pemanas air. Perusahaan inilah yang membuat namanya termasyur.

Semakin majunya teknologi , semakin banyak penemuan alat pemanas airr modern yang lebih canggih daripada yang dulu. Sumber energi  yang barupun ditemukan. Beberapa sumber energi baru yang digunakan adalah listrik, panas sinar matahari dan panas bumi. Tidak tertutup kemungkinan pemanas air ini akan semankin canggih nantinya. Semoga berguna –hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar