Dua Brand Retail Dituntut Karena Mencuri Desain Produk Puma

Diposting oleh Heni Minata on Selasa, 23 Mei 2017

Tampaknya, Forever 21 dan Topshop harus berhadapan dengan badan hukum dalam waktu dekat. Pasalnya, Puma telah mengajukan tuntutan terhadap dua brand retail ternama itu dengan tuduhan pelanggaran hak cipta. Forever 21 dan Topshop disebut-sebut telah mencuri desain produk Puma dan Rihanna dalam Fenty Puma yang dipasarkan di toko keduanya. Tidak hanya satu produk yang desainnya diduplikasi oleh Forever 21 dan Topshop, tetapi tiga. Kamu pasti sudah familiar deh dengan desain sandal dan sepatunya karena sering lalu lalang di sosial media. Psst, jangan lupa cek dengan memanfaatkan paket internet cepat dan murahmu, ya.

Menurut berbagai sumber, Puma mengatakan dalam tuntutannya bahwa kedua brand retail tersebut telah mengambil keuntungan dari Puma dan mencoreng nama baik perusahaan tersebut. Puma juga mengatakan bahwa Topshop dan Forever 21 harus memberikan seluruh keuntungan yang didapat dari penjualan produk bermasalah tersebut harus diserahkan kepada Puma. “Kami akan terus mengambil tindakan lebih lanjut terhadap pelanggaran hak cipta dan hak intelektual dari semua produk kami,” begitu menurut Puma.

Lantas, produk apa saja sih yang masuk ke dalam tuntutan Puma? Ini dia tiga produknya:

Puma’s Bow Slide

sandal bow slide
Ini dia sandal yang menjadi biang masalah. Sandal dengan aksen pita dari Puma ini belum lama diluncurkan dan langsung diduplikasi oleh Forever 21. Dengan model yang nyaris serupa dan warna yang sama, sandal ini dijual dengan harga yang jauh lebih murah!

Puma’s Fur Slide

sandal fur slide
Puma terlebih dahulu meluncurkan sandal bermodel bulu ini sebelum akhirnya ‘dicuri’ oleh brand retail tersebut. Meski keduanya telah melakukan perbedaan dengan membuat area bulu yang lebih panjang, tetap saja kemiripannya sangat jelas terlihat!

Puma’s Plaintiff’s Design (FIG 4, ‘288 Patent)

sepatu
Jika dilihat-lihat, kemiripan antara Puma’s Plaintiff Design dengan Yoki Sneakers ini sangat mirip, ya! Tidak heran deh jika Puma merasa wajib untuk menuntut dua brand tersebut pasalnya kemiripannya nyaris mencapai 100%!

Tindakan Puma untuk menempuh jalur hukum terhadap pelanggaran hak cipta ini sebetulnya cukup masuk akal. Coba saja hitung berapa banyak kerugian yang diderita oleh Puma karena Topshop dan Forever 21 mencuri ide produk mereka! Terlebih lagi, dua brand tersebut menjual produknya dengan harga yang jauh lebih murah dari Puma. Kalau menurut kamu bagaimana?

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar